HOME, Bugar

Sebelum Mencoba Diet Vegan, Coba Kenali Manfaatnya Terlebih Dahulu

Sebelum Mencoba Diet Vegan, Coba Kenali Manfaatnya Terlebih Dahulu

MOMSMONEY.ID - Diet vegan dikenal memiliki berbagai kebaikan. Bahkan, banyak orang yang memutuskan untuk melakukan diet ini dengan alasan etika untuk menghormati hak hewan dan lingkungan.   

Vegan adalah jenis vegetarian yang paling ketat soal aturan makannya, yakni tidak memperbolehkan untuk mengonsumsi makanan dari produk hewani sama sekali, bahkan madu, dilansir dari Mayo Clinic.

Untuk jenis diet vegetarian yang satu ini, semua yang masuk ke dalam tubuh haruslah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian.  

Diet ini tinggi akan serat, vitamin C, asam folat (vitamn B9), dan mineral magnesium. Dirangkum dari Mayo Clinic dan Health Focus, Anda akan mendapatkan manfaat berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Kacang Almond, Salah Satunya Bisa untuk Diet

1. Bantu menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menjalani diet vegan memiliki kolesterol LDL, kolesterol total, serta tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang menjalani diet vegetarian.  

2. Dapat menurunkan berat badan

Manfaat satu ini pernah dibuktikan pada penelitian yang terbit dalam jurnal Nutrition and Diabetes. Penelitian tersebut meminta pesertanya yang memiliki berat badan berlebih untuk melakukan pola makan tertentu.  

3. Menurunkan risiko kanker

Penelitian berjudul Vegetarian, vegan diets and multiple health outcomes: A systematic review with meta-analysis of observational studies mengungkapkan bahwa makan dengan pola diet vegan dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker hingga 15%.  

Manfaat kesehatan ini mungkin disebabkan oleh kandungan serat, vitamin, dan fitokimia yang tinggi dalam makanan-makanan vegan.   

Baca Juga: Konsumsi Makanan Ini Guna Mencegah Kanker Sejak Dini

4. Menurunkan berat badan

Orang yang menjalankan pola makan vegan cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengikuti diet lainnya. 

Pasalnya, makanan nabati umumnya rendah kalori, sehingga membantu seseorang agar lebih mudah mengatur berat badan.   

Anda bisa mengatur menu makan mulai dari sarapan pagi, camilan, makan malam, hingga dessert untuk vegan. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak ada dalam menu yang telah Anda rancang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News