HOME, Santai

Sebelum Memutuskan Membuat Tato, Ketahui 4 Efek Buruk Tato Bagi Kesehatan Kulit!

Sebelum Memutuskan Membuat Tato, Ketahui 4 Efek Buruk Tato Bagi Kesehatan Kulit!

MOMSMONEY.ID - Salah satu perkembangan budaya sosial yang mulai lekat dengan kehidupan budaya milenial adalah penggunaan tato.

Tato sendiri merupakan seni menggambar pada kulit yang bisa memberikan tambahan efek seni dan keindahan pada tubuh seseorang.

Namun sebelum memutuskan untuk membuat tato, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa dampak buruk yang muncul akibat tato berikut ini.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Awet Muda Lho, Yuk Terapkan!

Infeksi kulit

Walaupun merupakan karya seni, namun proses pembuatan tato pada kulit dapat menjadi salah satu penyebab munculnya infeksi kulit. Infeksi kulit yang disebabkan tato terjadi pada bagian atas dan tengah kulit. Maka dari itu, biasanya pembuat tato akan memberikan tips agar terhindar dari munculnya infeksi kulit.

Laman Health Line menjelaskan bahwa kulit akan lebih mudah terserang infeksi pada awal dua minggu setelah proses tato selesai. Gejala dari mulai kulit gatal, kemerahan, hingga bengkak bisa menjadi tanda terjadinya infeksi kulit.

Reaksi alergi

Tak hanya infeksi kulit saja yang bisa terjadi karena tato, ada juga beberapa reaksi alergi yang mungkin terjadi karena penggunaan bahan tinta untuk tato.

Laman Mayo Clinic menjelaskan bahwa biasanya tinta tato dengan warna merah, biru, kuning, dan hijau adalah tinta tato yang banyak memberikan reaksi alergi pada kulit. Reaksi alergi yang muncul bisa berupa kemerahan, gatal, dan juga bengkak yang bahkan bisa terjadi bertahun-tahun setelah proses tato selesai dibuat.

Baca Juga: Gunakan Sedari Dini, Ini 4 Manfaat Menggunakan Serum Vitamin C bagi Kulit!

Mudah terjangkit infeksi dari hewan

Hal utama yang banyak dilakukan orang-orang setelah selesai melakukan proses tato adalah menjauhkan diri dari hewan peliharaan.

Laman Bustle menjelaskan bahwa infeksi dari hewan akan lebih mudah menyerang tubuh melalui pori-pori kulit yang masih terbuka karena proses pembuatan tato. Sehingga penting untuk menjaga area yang baru di tato untuk tetap bersih dan steril agar tidak mudah terjangkit infeksi dari hewan.

Resiko tinggi terkena kanker

Efek samping dari tato adalah bisa memberikan resiko terkena kanker lebih besar. Biasanya hal tersebut lebih mudah terjadi pada seseorang yang memiliki tato dalam skala besar dan banyak.

Pendeteksian kanker juga menjadi terhalang sebab besarnya tato dapat mempengaruhi pemeriksaan kanker kulit. Maka dari itu pembuatan tato yang besar hingga memenuhi satu bagian tubuh juga bisa memicu munculnya kanker kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News