Sebelum Memelihara, Ketahuilah Rata-Rata Umur Hidup Hamster

Sumber: Petsmont
Minggu, 05 Desember 2021 | 08:05 WIB
Sebelum Memelihara, Ketahuilah Rata-Rata Umur Hidup Hamster

MOMSMONEY.ID - Jika Anda saat ini sedang memelihara hamster atau tengah berencana memeliharanya, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting mengenai hamster. Salah satunyanya adalah berapa lama hamster peliharaan dapat hidup.

Mempelajari berapa lama hamster dapat hidup akan bermanfaat bagi Anda untuk memberikan perawatan yang sesuai untuknya. Dengan begitu, hamster dapat hidup panjang umur.

Baca Juga: Bolehkah Mencukur Bulu Hewan Peliharaan?

Rata-Rata Umur Hamster

Dilansir dari Petsmont.com, biasanya hamster akan hidup antara 2 – 2,5 tahun. Ini hanya rata-rata dari kehidupan hamster pada umumnya. Ada hamster yang bisa hidup lebih lama dari ini, tetapi ada juga hamster lain yang tidak bisa hidup selama ini.

Dengan perawatan yang baik dan telaten, hamster dapat hidup hingga 3 tahun lamanya. Namun, menurut The Guinness World Records, ada hamster yang dapat bertahan hidup panjang selama 4,5 tahun. Hamster ini dimiliki oleh Karen Smeaton dari Tyne & Wear, Inggris.

Lebih jelasnya, berikut beberapa harapan hidup hamster sesuai jenisnya:

Hamster Roborovski: 3 – 3,5 tahun

Hamster Suriah: 2 – 2,5 tahun

Hamster Kerdil Campbell: 2 tahun

Hamster Cina: 1,5 – 2 tahun

Hamster Dwarf Rusia Putih : 1,5 – 2 tahun

Baca Juga: Tak Hanya Hairball, Ini 4 Kemungkinan Lain Penyebab Kucing Muntah-Muntah

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Umur Hamster

Sama seperti semua hewan pada umumnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi berapa lama hamster Anda akan hidup. Jika hamster dipelihara, maka ada berbagai faktor perawatan juga yang memengaruhinya. Beberapa faktor ini adalah genetika, jenis, diet sehat, lingkungan, latihan, kualitas, dan penyakit yang mungkin diderita hamster.

Namun faktor genetika adalah yang paling utama. Ada beberapa hamster yang memiliki gen yang diturunkan lebih baik daripada yang lain.

Genetika membantu hamster untuk hidup lebih lama daripada hamster lainnya. Artinya, bila kebetulan hamster Anda mewarisi genetika yang buruk, maka bisa jadi akan memperpendek umurnya. Faktor penyakit juga bisa muncul karena keturunan dari induknya.

Selanjutnya: Mengawali Bisnis dari Trotoar Jalan, Kini Sapu Rohimah Tembus Pasar Ekspor

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru