HOME, Keluarga

Sebelum Memberikan Dot Bayi pada Anak, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum Memberikan Dot Bayi pada Anak, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

MOMSMONEY.ID - Dot bayi sering menjadi pilihan bagi para orang tua untuk membuat bayi mereka tetap tenang.

Selain bermanfaat, ternyata dot bayi juga menyimpan risiko yang dapat merugikan anak jika penggunaannya tidak bijak.

Merangkum beberapa sumber, inilah informasi seputar dot bayi yang wajib orang tua ketahui dan dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memberikan dot bayi kepada buah hati tercinta.

Baca Juga: Catat, 9 Nutrisi yang Penting Dikonsumi Anak

Kelebihan dot bayi

1. Menenangkan bayi yang rewel

Mengisap dot bayi dapat membantu bayi untuk merasa tenang. Keberadaan dot bayi akan sangat berguna pada malam hari yang mana bayi rentan rewel pada saat itu. Selain membantu menenangkan bayi yang rewel di waktu malam, dot bayi juga sangat berguna untuk menenangkan bayi ketika sedang berada di tempat umum.

2. Memudahkan bayi untuk tidur

Sering kali orang tua kebingungan saat bayi mereka susah untuk tertidur. Ketika situasi demikian terjadi, dot bayi dapat dijadikan sebagai pilihan untuk memudahkan bayi yang sulit tidur agar bisa segera terlelap.

3. Mengalihkan perhatian bayi

Dot bayi bisa sangat berguna untuk mengalihkan perhatian bayi ketika mereka mendapatkan pemeriksaan medis maupun vaksinasi. Ketika bayi asyik dengan dot yang mereka isap, tenaga kesehatan pun dapat melakukan proses pemeriksaan atau vaksinasi kepada bayi dengan mudah dan leluasa.

4. Mengurangi risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian bayi mendadak sebagaimana dilansir dari Hello Sehat adalah kematian mendadak pada bayi yang sehat ketika mereka sedang tidur. Biasanya, SIDS sering terjadi pada bayi berumur di bawah 1 tahun. Untuk mengurangi risiko terjadinya SIDS, penggunaan dot bayi merupakan salah satu solusi yang sangat disarankan.

5. Mencegah sakit telinga selama penerbangan

Ketika Moms membawa serta bayi untuk traveling menggunakan pesawat terbang, maka disarankan untuk memberi makan mereka pada saat pesawat lepas landas maupun mendarat untuk mengurangi risiko sakit telinga. Apabila bayi tidak lapar atau sedang tidur, Moms bisa memberikan mereka dot bayi supaya tetap ada aktivitas kecil yang bisa bayi lakukan.

Kekurangan dot bayi

1. Dapat mengganggu pemberian ASI

Penggunaan dot bayi rentan mengganggu proses pemberian ASI pada bayi. Hal ini biasanya terjadi pada bayi berusia di bawah 1 bulan. Sebaiknya, hindari untuk memberikan dot bayi sampai mereka bisa menyusu dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk menenangkan bayi dengan cara memberikan dot bayi, pastikan bayi tidak dalam kondisi lapar. Apabila bayi lapar, disarankan untuk memberikan mereka makanan yang seharusnya alih-alih dot bayi.

2. Bisa menimbulkan permasalahan gigi

Penggunaan dot bayi dalam jangka waktu yang lama dapat membuat gigi anak menjadi bermasalah. Gigi anak akan tumbuh tidak sejajar apabila mereka terus-terusan menggunakan dot bayi selama lebih dari 2 tahun.

3. Meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi telinga

Meskipun dot bayi berguna untuk mencegah sakit telinga selama penerbangan, namun dot bayi juga dapat meningkatkan risiko infeksi telinga pada anak. Oleh sebab itu, mencuci dot bayi dengan sering amat dianjurkan untuk dibiasakan.

4. Dapat menyebabkan ketergantungan

Kemungkinan bayi menjadi ketergantungan terhadap dot bayi akan selalu ada. Ketika bayi terbiasa menggunakan dot bayi pada saat tidur, maka bukan suatu hal yang mustahil jika bayi akan menangis dan rewel pada saat dot terlepas dari isapan mereka.

Selain mengetahui manfaat dan risikonya, Moms juga perlu memahami beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan berkaitan dengan dot bayi sebagai berikut:

  • Tidak menggunakan dot bayi sebagai pertolongan pertama ketika bayi lapar.
  • Pilihlah dot bayi dengan jenis one-piece untuk mencegah bayi tersedak.
  • Jangan paksakan bayi ketika mereka tidak suka menggunakan dot bayi.
  • Selalu pastikan kebersihan dot bayi.
  • Jangan berikan sesuatu yang manis untuk melapisi dot bayi.
  • Perhatikan keamanan dot bayi dengan sering menggantinya ketika sudah muncul tanda-tanda kerusakan.
  • Jangan mengaitkan tali pada dot bayi dan mengalungkannya ke leher bayi.

Sekian informasi seputar dot bayi yang perlu Moms tahu sebelum memutuskan untuk memberikan dot bayi pada si kecil. Jangan lupa untuk diingat-ingat dan dipraktikkan ya, Moms!

Selanjutnya: Cara Meningkatkan Imun Anak, Supaya Tidak Gampang Sakit!

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News