Sebelum Membeli Setrika Uap, Simak Kelebihan dan Kekurangannya di Sini

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 01 Agustus 2021 | 06:30 WIB
Sebelum Membeli Setrika Uap, Simak Kelebihan dan Kekurangannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Setrika uap merupakan salah satu alternatif setrika gosok biasa yang banyak diminati karena penggunaannya mudah dan multifungsi.

Apakah Moms juga berniat mencoba menggunakan setrika uap? Namun, jangan buru-buru beli ya Moms. Ada baiknya kenali dulu karakteristik setrika uap, apakah cocok dengan kebutuhan di rumah Moms.

Dilansir dari condrou.com dan crompton.co.in, berikut plus dan minus setrika uap yang bisa dijadikan pertimbangan.

Apa itu setrika uap?

Seperti setrika biasa, setrika uap berfungsi untuk menghaluskan pakaian atau kain yang berkerut. Hanya, berbeda dengan setrika biasa yang menghaluskan pakaian dengan cara menggosokkan pelat besi di permukaan pakaian, setrika uap bekerja dengan cara memproduksi uap panas untuk menghaluskan pakaian.

Cara kerjanya, pelat besi yang berada dalam setrika uap memproduksi panas. Ketika tangki air dalam setrika meneteskan airnya ke atas pelat, pelat tersebut akan menghasilkan uap yang bisa digunakan untuk menghaluskan pakaian yang berkerut.

Kelebihan setrika uap

Setrika uap banyak digunakan orang karena memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki setrika biasa. Apa saja kelebihan setrika uap? 

  • Dapat melembutkan dan menghaluskan pakaian seperti setrika biasa sehingga pakaian terlihat halus dan rapi.
  • Lebih efisien secara waktu dibandingkan setrika biasa. Setrika uap bisa menghaluskan pakaian dalam waktu singkat, sehingga cocok digunakan untuk mereka yang cenderung suka terburu-buru.
  • Tidak memerlukan meja khusus untuk menyetrika. Pakaian atau kain yang ingin dihaluskan bisa digantung begitu saja, kemudian haluskan dengan setrika uap sambil berdiri. Cocok untuk menyetrika kain seperti tirai atau gorden.
  • Lebih aman digunakan. Sebagian besar setrika uap memiliki fungsi mati otomatis, sehingga tidak berbahaya jika tidak sengaja tertinggal dalam keadaan menyala.
  • Lebih tahan lama. Perawatan setrika uap tergolong mudah, hanya perlu mengelap permukaannya dan mengosongkan tangki air secara berkala.

Kekurangan setrika uap

Di balik semua kelebihan yang dimiliki setrika uap, tentu ada beberapa kekurangannya, yang patut menjadi bahan pertimbangan.

Berikut beberapa kekurangan dari setrika uap:

  • Tidak bisa digunakan untuk semua jenis kain. Setrika uap cenderung sulit digunakan pada jenis kain yang tebal dan berat, karena uapnya tidak cukup kuat untuk menghilangkan kerutan pada kain tersebut.
  • Harus terus-terusan mengisi tangki air. Setrika uap membutuhkan air untuk memproduksi uap, sehingga tangki air harus diisi ulang secara berkala. Solusinya, siapkan cadangan air dalam jumlah yang cukup sehingga proses isi ulang air dalam tangki jadi lebih mudah.

Nah, itu tadi karakteristik setrika uap. Apakah moms semakin mantap untuk mencoba setrika uap? Pertimbangkan dengan baik-baik, ya Moms!

Editor: Kania Paramahita
Terbaru