Santai

Sebelum Beli Tiket, Begini Syarat ke Singapura Terbaru yang Perlu Anda Lengkapi

Sebelum Beli Tiket, Begini Syarat ke Singapura Terbaru yang Perlu Anda Lengkapi

MOMSMONEY.ID - Sebelum membeli tiket penerbangan, ada baiknya Moms memahami syarat ke Singapura terbaru di bawah ini.

Singapura merupakan satu-satunya negara maju di kawasan Asia Tenggara. Banyak yang ditawarkan di negara ini, mulai dari teknologi canggih hingga surga belanja barang branded.

Singapura adalah negara kecil yang dikenal dengan tingkat disiplin yang tinggi. Banyak aturan yang harus Moms ikuti jika tak mau dikenakan denda yang menguras kantong. 

Baca Juga: Terbaru! Ini Daftar 72 Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia

Jika Anda tak mau ditolak imigrasi Singapura, maka Anda perlu mememahami syarat ke Singapura. Melansir ICA Government Singapore, begini syaratnya: 

1. Memiliki Sertifikat Internasional Vaksinasi Demam Kuning

Syarat ke Singapura ini perlu Anda miliki jika dalam 6 hari terakhir telah mengunjungi Afrika dan Amerika Latin. Kedua negara ini diidentifikasi oleh WHO sebagai negara dengan risiko transmisi demam kuning.

Anda wajib melakukan karantina 6 hari di Singapura jika tak memenuhi syarat ini. Kewajiban karantina juga berlaku untuk anak usia di bawah 1 tahun atau memiliki riwayat kontraindikasi untuk vaksin demam kuning. 

2. Anak usia di bawah 12 tahun bebas masuk Singapura

Anak yang lahir setelah 1 Januari 2010 tidak perlu melengkapi syarat ke Singapura terkait dengan Covid-19. Sementara usia di atas 12 tahun atau lahir sebeum 31 Desember 2009 boleh masuk Singapura jika sudah memenuhi persyaratan vaksin Covid-19 sesuai aturan WHO.

Orang dengan usia di atas 13 tahun perlu mendapatkan vaksinasi setidaknya 2 minggu sebelum kedatangan di Singapura. Anda bisa menunjukan bukti salah satu dari daftar vaksin yang diakui di bawah ini:

  1. Satu dosin vaksin CanSinoBIO/Convidecia atau Janssen/J&J,  
  2. Dua dosis vaksin AstraZenexa, Covaxin, Moderna/Spikevax, atau Covishield yang diberikan dengan jarak minimal 24 hari
  3. Dua dosis vaksin Novavax/Covovax/Nuvaxovid, Pfizer/BioNTech/COMIRNATY, atau Sinopharm yang diterima minimal 17 hari sebelum kedatangan
  4. Dua dosis vaksin Sinovac, diterima minimal 13 hari sebelum kedatangan
  5. Kombinasi dari beberapa vaksin di atas atau minimal satu dosis vaksin dari daftar no 1-4 di atas, diterima minimal 28 hari setelah didiagnosis positif Covid-19

3. Harus mengikuti test kesehatan jika belum vaksin

Syarat ke Singapura selanjutnya adalah kewajiban melakukan test Covid-19, 2 hari sebelum keberangkatan. Tes termasuk polymerase chain reaction (PCR) atau rapid test. Bukti dilakukan dengan membawa bukti fisik atau melalui data Peduli Lindungi. 

Untuk pemegang izin  jangka panjang, tes dilakukan oleh penyedia yang disetujui oleh Singapura. 

5. Membayar asuransi Covid-19 jika belum melakukan vaksin

Syarat ke Singapura bagi pengunjung jangka pendek selanjutnya adalah memiliki asuransi perjalanan Covid-19 minimal 30.000 dollar Singapura. Anda bisa menggunakan asuransi dari pihak manapun.

Baca Juga: Terkait Penarikan Mie Sedaap, Kemenperin: Industri Makanan Patuhi Standar Mutu

6. Memiliki paspor yang masih berlaku dan perlu mengisi SG Arrival Card

Anda setidaknya perlu memiliki paspor yang berlaku minimal 6 bulan ke depan sebagai syarat ke Singapore. 

Seluruh pengunjung perlu mengisi surat deklarasi SGAC. Hanya penduduk Singapura, permanent residents, dan pemegang izin tinggal jangka panjang yang sudah divaksin Covid-19 yang tidak perlu mengisi dokumen ini. 

Itu tadi syarat ke Singapura yang perlu Anda perhatikan. Persiapkan dengan baik seluruh dokume yang perlu Anda lengkapi sehingga Anda tak perlu khawatir untuk masuk ke negara yang satu ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News