HOME, Keluarga

Sebaiknya Jangan Katakan Tidak Ketika Anak Anda Bertanya 5 Hal Ini!

Sebaiknya Jangan Katakan Tidak Ketika Anak Anda Bertanya 5 Hal Ini!

MOMSMONEY.ID - Memang tidak semua permintaan anak harus dituruti atau diiyakan. Hal itu dilakukan guna mencegah anak tumbuh menjadi sosok yang manja.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda sebagai orang tua bisa asal mengatakan tidak untuk berbagai permintaan atau pertanyaan anak yang sebenarnya tidak patut untuk mendapatkan penolakan dari Anda.

Nah, supaya Anda tidak salah bersikap dan berakhir menyakiti perasaan anak, ada 5 hal yang sebaiknya Anda iyakan setiap anak menanyakannya kepada Anda. Apa sajakah itu? Yuk, simak baik-baik!

Baca Juga: 6 Tanda Anak Merasa Kesepian yang Sering Terjadi. Yuk, Cari Tahu!

1. Ketika anak bertanya "bisakah Anda bermain dengan saya?"

Jika selama ini Anda kerap melupakan anak-anak lantaran terlalu sibuk dengan urusan sendiri, maka sudah waktunya untuk berhenti mengatakan "tidak" ketika mereka meminta untuk bermain bersama.

Meski permintaan ini bisa anak lontarkan hampir setiap hari tanpa memedulikan kelelahan Anda usai bekerja, namun ingatlah bahwa suatu hari mereka akan dewasa dan tidak akan meminta Anda untuk bermain bersama mereka lagi.

Jadi, sempatkanlah waktu Anda walau sebentar untuk bermain bersama anak selagi kesempatan itu masih ada. Selain membangun kenangan masa kecil bagi anak, bermain bersama mereka juga bagus untuk menjalin komunikasi dan memperkuat hubungan orang tua-anak antara Anda dengan buah hati tercinta.

2. Ketika anak bertanya "bisakah Anda membantu saya?"

Tak jarang, orang tua merasa enggan, tidak sabar, dan kesal ketika anak mereka meminta bantuan. Padahal, kebiasaan tersebut dapat menjauhkan hubungan antara Anda dengan anak secara perlahan.

Meski Anda menginginkan anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, namun mengabaikan permintaan tolong mereka tidak sepatutnya Anda lakukan. Sebaiknya, bersikaplah sewajarnya dan tunjukkan pada mereka bahwa Anda tidak merasa terganggu dengan permintaan tolong mereka.

Dengan begini, anak akan selalu mengingat Anda dan tidak ragu untuk berlari ke arah Anda bahkan ketika mereka telah tumbuh dewasa, karena bagi mereka Anda adalah sosok yang tulus dan selalu ada untuk mereka apapun yang terjadi.

3. Ketika anak bertanya "bisakah Anda tidur dengan saya?"

Waktu tidur bisa menjadi salah satu momen termanis bersama anak-anak Anda. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mengatakan "tidak" ketika mereka bertanya "bisakah Anda tidur dengan saya?".

Ketika Anda mengatakan tidak untuk pertanyaan anak yang demikian, itu artinya Anda melewatkan kesempatan untuk melakukan percakapan lebih terbuka dan mendalam dengan anak Anda.

Ajakan ini tentu akan lebih sering disampaikan oleh anak-anak yang lebih kecil. Apabila anak Anda sudah beranjak remaja yang mana akan sangat jarang menanyakan hal ini, Anda tetap dapat melalukan percakapan yang dekat dengan mereka sebelum mereka pergi ke kamar tidurnya.

4. Ketika anak bertanya "bisakah saya membantu Anda?"

Pernahkah anak Anda menawarkan bantuan untuk mengerjakan apa yang sedang Anda kerjakan? Jika pernah, respons apa yang Anda berikan atas pertanyaan anak yang demikian?

Mungkin, tidak sedikit dari Anda yang menolak tawaran tersebut karena berpikir bahwa campur tangan anak hanya akan memperlambat pekerjaan dan menjadikannya tidak efisien.

Padahal, mengiyakan tawaran anak untuk membantu Anda akan mengajarkan kepada anak tentang pentingnya membantu orang lain sekaligus meningkatkan empati mereka.

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa kemungkinan besar anak hanya ingin bersama Anda, makanya mereka ingin membantu supaya bisa menghabiskan waktu dengan Anda.

5. Ketika anak bertanya "bisakah saya berbicara dengan Anda?"

Ketika anak Anda bertanya apakah mereka dapat berbicara dengan Anda, maka jawaban yang seharusnya Anda ucapkan tidak hanya kata "iya" melainkan juga "selalu".

Hal ini perlu Anda biasakan terutama ketika anak mulai beranjak remaja. Sebisa mungkin, hentikan dan tinggalkan apa yang sedang Anda kerjakan saat itu juga kemudian dengarkan setiap perkataan anak dengan fokus.

Jangan pernah mengabaikan ajakan anak untuk berbicara kepada Anda. Mengapa demikian? Karena, apa yang ingin anak diskusikan biasanya sangat penting bagi mereka dan mereka membutuhkan kehadiran Anda untuk memberikan dorongan, dukungan, atau bantuan.

Demikian 5 pertanyaan anak yang sebaiknya tidak Anda jawab dengan kata "tidak". Walaupun Anda sedang merasa begitu lelah, pastikan untuk meladeni anak barang sebentar demi kebaikan mereka.

Selanjutnya: Ketahui 5 Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak, Salah Satunya Bisa Mengurangi Kesepian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News