HOME, Bugar

Sebagai Pewarna Alami, Ketahui 4 Manfaat Kopi untuk Rambut

Sebagai Pewarna Alami, Ketahui 4 Manfaat Kopi untuk Rambut

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya untuk kecantikan kulit, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut. Salah satunya mengatasi rambut rontok. Kandungan di dalam biji kopi dipercaya mampu menjaga kelembaban rambut dan meningkatkan sirkulasi darah pada folikel rambut.

Selain mengatasi rambut rontok, kopi juga memiliki manfaat lainnya yang menarik untuk diketahui. Melansir dari herworld.co.id, inilah manfaat kopi untuk perawatan rambut alami, yaitu:

1. Pewarna Rambut Alami  

Rambut tebal

Kopi adalah pewarna rambut alami yang bisa anda gunakan untuk menghitamkan rambut. Noda kopi yang berwarna cokelat tua bisa mewarnai rambut menjadi gelap seperti warna alami rambut anda, khususnya untuk pemilik warna rambut hitam atau cokelat.

Ada berbagai cara menggunakan kopi untuk pewarna rambut alami.

Pertama, menyemprotkan kopi cold brew sebanyak dua hingga empat gelas ke rambut dan diamkan selama 20 menit, lalu dibilas dengan air hangat.

Kedua, menggunakan kopi cold brew setelah keramas dengan sampo Anda. Setelah diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Terakhir, Anda bisa membuat hair oil dengan mencampurkan minyak kelapa atau minyak zaitun, biji kopi yang sudah dipanggang, dan essential oil (bisa memilih peppermint atau rosemary) dalam panci dengan api kecil. Setelah tercampur dan matang, diamkan hingga dingin lalu simpan di dalam wadah kaca. Anda bisa mengoleskan hair oil ini sebelum tidur.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Clay Mask untuk Bantu Rawat Kulit Berjerawat dengan Harga Terjangkau

2. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok

Manfaat kopi untuk perawatan rambut selanjutnya adalah dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi dapat menjaga kelembapan rambut dan mengurangi penguapan air pada kulit di area kepala yang berdampak pada produki sel-sel rambut yang sehat.

Kopi yang anda aplikasi langsung ke area kepala dan rambut juga meningkatkan sirkulasi darah pada folikel rambut, sehingga mempercepat pertumbuhan rambut. Selain tumbuh lebih cepat, helaian pun akan semakin kuat dan memberikan tampilan rambut yang lebih tebal.

3. Menjadikan Rambut Sehat dan Halus

Rambur lurus

Kopi memiliki kandungan flavonoid yang menjadikan rambut Anda sehat, berkilau dan halus. Antioksidan yang tinggi di dalam kopi memiliki peran penting untuk meregenerasi rambut.

Rambut akan terasa lebih halus dari akarnya. Meski kafein dikenal dengan efek diuretik pada tubuh, kopi akan menjaga minyak alami rambut, sehingga rambut akan tampak berkilau lebih alami.

4. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Rambut

Manfaat kopi untuk perawatan rambut lainnya adalah mengeksfoliasi kulit kepala. Bagi Anda yang memiliki kulit kepala yang cenderung berminyak, Anda perlu melakukan eksfoliasi pada kulit kepala secara rutin setiap minggunya. Gunakan bubuk kopi sebagai bahan eksfoliator alami. 

Anda bisa membuat masker rambut dari kopi atau membeli gentle scrub yang berbahan dasar kopi untuk lakukan proses eksfoliasi tersebut. Tekstur bubuknya dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit kepala, serta kandungan asam pada kopi bisa menyeimbangkan level pH pada rambut dan kulit kepala.

Selanjutnya: Kaya Antioksidan, Ketahui 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News