AturUang

Sebagai Pelengkap BPJS, Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan ya

Sebagai Pelengkap BPJS, Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan ya

MOMSMONEY.ID - Secara bertahap, BPJS Kesehatan sudah mulai masuk ke dalam sistem satu kelas. Ada baiknya, Anda yang kurang puas dengan pelayanan BPJS melengkapi dengan asuransi kesehatan lain. 

Apabila dana terbatas, sebaiknya pembelian asuransi kesehatan untuk melengkapi BPJS menyesuaikan dengan anggaran Anda. Jangan sampai asuransi baru malah mengganggu kesehatan keuangan Anda.

Menurut Imelda Tarigan, perencana keuangan Oneshildt, jika dana terbatas, maka Anda cukup membeli asuransi murni saja, jangan yang mencakup investasi. "Pilih asuransi murni," katanya kepada Momsmoney.

Lantas, pilihlah manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menghemat pembayaran premi. Misalnya, dalam coverage wilayah, Anda bisa memilih lokasi hanya di Indonesia.

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Rekomendasi Produknya

Kemudian, untuk pilihan kelas atau plafon, sebaiknya memilih yang paling pas dengan bujet. Jangan lupa, pilih produk yang tidak memberi cashback atau pengembalian premi seperti santunan harian.

"Jangan berlebihan. Pilih produk asuransi murni yang asuransi tradisional yang memberikan perawatan, bukan memberikan santunan atau reimbursement," tutur Imelda.

Di samping itu, pilihlah perusahaan asuransi yang tepat. Paling tidak, perusahaan asuransi yang solid dalam sisi keuangannya.

Nah, Anda bisa melihat dari sisi laporan keuangannya yang selalu untung. Imelda juga menyarankan, cari yang rasio Risk Based Capital (RBC) atau tingkat kesehatan keuanganya di atas 125%.

"Selain itu, para pengelolanya adalah orang dengan track record yang baik," kata Imelda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News