Bugar

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol, Ini Penyebab Kolesterol Naik

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol, Ini Penyebab Kolesterol Naik

MOMSMONEY.ID - Sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol ada beragam, dan ini bisa menjadi penyebab kolesterol naik.

Beberapa jenis lemak memang dibutuhkan keberadaannya di dalam tubuh. Akan tetapi, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik demikian pula dengan kadar lemak dalam tubuh.

Jika kadar lemak khususnya yang bersifat tidak larut di dalam darah kadarnya terlalu tinggi, maka gangguan kesehatan akan terancam.

Adapun kolesterol tinggi berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, tidak menutup kemungkinan dengan sayuran. 

Ada beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol karena bisa menjadi penyebab kolesterol naik. 

Dilansir dari Health Focus, ada beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol, antara lain: 

1. Olahan sayuran yang digoreng

Sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol karena menjadi penyebab kolesterol naik yang pertama adalah olahan sayuran yang digoreng. 

Saat ini sedang tren membuat aneka sayuran dalam bentuk krispi, mulai dari brokoli goreng tepung krispi, buncis crispy telur asin, hingga kripik bayam.

Inovasi menu makanan ini memang unik dan enak tapi ternyata menjadi menu pantangan penderita kolesterol tinggi yang harus dihindari karena semakin berbahaya.

Sayuran sehat yang digoreng terlebih dengan tambahan tepung memiliki jumlah lemak jenuh dan kolesterol tinggi.

Adapun mengolah sayuran dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang dinilai lebih menyehatkan bagi penderita kolesterol.

Baca Juga: Mengancam Kesehatan! Ini 5 Bahaya Minyak Jelantah untuk Kesehatan

2. Olahan sayuran yang terlalu manis

Sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol karena menjadi penyebab kolesterol naik yang kedua adalah olahan sayuran yang terlalu manis. 

Menambahkan gula dan garam ke dalam sayuran yang dimasak memang dapat menambah cita rasa.

Namun, olahan sayuran yang banyak gula dapat menyebabkan tingginya kadar lipid (lemak tidak sehat) di dalam darah yang berisiko memicu jantung koroner. 

Olahan sayuran dengan cita rasa terlalu manis seperti gudeg misalnya sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan terutama saat kolesterol tinggi.

Apalagi mengingat olahan sayur gudeg ini umumnya dimasak dengan santan kental yang kurang sehat bagi penderita kolesterol.

3. Olahan sayuran dengan tambahan susu penuh lemak

Sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol karena menjadi penyebab kolesterol naik yang ketiga adalah olahan sayuran dengan tambahan susu penuh lemak. 

Hal ini karena susu atau produk dari olahan susu seperti keju, mentega, dan yogurt memiliki kandungan lemak jenuh tinggi.

Olahan sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dengan tambahan keju atau susu biasanya merupakan menu-menu western atau menu Indonesia seperti lodeh kuah susu.

Adapun jika Anda ingin mengolah sayuran dengan susu pastikan memilih susu skim non lemak. Untuk mengganti mentega bisa memilih opsi minyak alpukat atau minyak zaitun extra virgin.

Untuk Anda yang menderita kolesterol sebaiknya jauhi sayuran pantangan penderita kolesterol di atas dan lebih baik rutin mengkonsumsi Kyolic Omega 3.

Minyak ikan ini memiliki kadar EPA/ DHA tinggi, distandardisasi SAC yang berkhasiat, dan diproduksi mengikuti standar Pharmaceutical Grade.

Rutin mengonsumsi minyak ikan ini membantu sirkulasi darah lebih lancar, menjaga kelenturan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Itulah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol karena menjadi penyebab kolesterol naik.

Baca Juga: 5 Cara Alami yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Mengetahui betapa bahayanya penyakit kolesterol tinggi, maka bersikap waspada mulai dengan mengatur menu makan sehat dan tepat adalah langkah bijak.

Karena saat ini, kolesterol tidak hanya diraskan oleh orang tua, melainkan banyak sekali seseorang di usai muda mengalaminya.

Merasa bahwa saat muda akan jauh dari penyakit membuat perasaan “aman” yang membuat Anda bisa makan, minum, dan melakukan apa saja demi menyenangkan hati. 

Tapi, tahukah Anda bahwa terus-terusan melakukan itu, tubuh akan lelah dan balik melawan yang hasilnya akan muncul berbagai macam penyakit di usia muda.  

Faktanya, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab kolesterol tinggi di usia muda. Mulai dari kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya bisa dicegah hingga kondisi medis tertentu. 

Melansir British Heart Foundation, inilah beberapa penyebab kolesterol tinggi di usia muda yang umum terjadi namun kerap disepelekan, antara lain:  

1. Pola makan tidak sehat

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda salah satu penyebabnya adalah kebiasaan makan yang tidak sehat. 

Kebiasaan makan dan jajan sembarangan dapat menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah.  

2. Berat badan berlebih (obesitas)

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda yang kedua adalah berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini biasanya menjadi pertanda kelebihan kadar lemak di dalam tubuh. 

Kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang terjadi akibat kolesterol. Sebagai contoh, risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga gagal jantung. 

Baca Juga: Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Kulit Ayam untuk Kesehatan

3. Mengonsumi gula dan alkohol berlebih

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda selanjutnya karena mengonsumsi gula dan alkohol berlebihan.  

Ketika Anda mengalami kolesterol, mungkin Anda hanya fokus untuk membatasi makanan berlemak. Namun, banyak juga yang tidak memperhatikan asupan gula dan alkohol. 

Padahal, kalori berlebih yang Anda dapatkan bisa dari gula dan alkohol yang berubah menjadi kolesterol trigliserida yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah Anda. 

4. Malas bergerak

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda terakhir adalah malas bergerak. Jika Anda malas bergerak bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol di dalam darah meningkat. 

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tiduran sembari mengecek ponsel? Apalagi jika Anda pegawai kantoran yang menghabiskan waktu untuk duduk diam di depan komputer. 

Kurang aktif bergerak dan malas berolahraga bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol Anda meningkat. 

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda tak pelak karena kurangnya kesadaran untuk menjaga pola makan serta gaya hidup sehat. 

Karena itu, setelah mengisi tubuh dengan asupan bergizi, jangan lupa untuk berolahraga minimal tiga kali seminggu selama 30 menit.

Itulah beberapa hal tentang sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol dan penyebab kolesterol naik di usia muda yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News