HOME, Bugar

Sayur Kale, 5 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Si Superfood yang Luar Biasa

Sayur Kale, 5 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Si Superfood yang Luar Biasa

MOMSMONEY.ID - Daun kale merupakan sayuran yang berasal dari keluarga kubis. Makanan yang dijuluki superfood dan sayuran paling bergizi ini memiliki segudang manfaat yang tak perlu diragukan lagi.  

Dilansir dari Healthline dan Everyday Helath, berikut ini beberapa manfaat daun kale yang harus Anda ketahui.  

1. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat daun kale adalah mengurangi risiko kanker. Pasalnya daun kale dan sayuran berdaun hijau lainnya mengandung senyawa klorofil yang membantu tubuh menghambat penyerapan amina heterosiklik.   

2. Menjaga kesehatan mata

Kale sebenarnya merupakan sumber alami lutein tertinggi, yang ditemukan di alam. Lutein, bersama dengan antioksidan karotenoid lainnya, memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah degenerasi makula terkait usia dini, perkembangan katarak dan kerusakan penglihatan.   

Selain itu dengan mengonsumsi daun kale, Anda dapat merasakan manfaat karotenoid lain yang mengandung zeaxanthin di dalamnya dan menjadi perlindungan yang kuat untuk mata.  

Baca Juga: Buah-Buahan yang Ampuh Meredakan Tekanan Darah Tinggi

3. Menyehatkan jantung

Daun kale bisa menjadi pilihan makanan yang tepat bagi Anda yang menderita atau ingin mencegah penyakit jantung.

Pasalnya, daun kale mengandung berbagai zat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah, sekaligus mampu membantu mencegah kerusakan pada dinding arteri.  

Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa daun kale yang dikukus memiliki potensi yang sama dengan cholestyramine, yaitu obat penurun kolesterol tinggi.  

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini untuk Menyuburkan Kandungan dan Mempermudah Kehamilan

4. Menjaga kesehatan tulang

Daun kale merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Daun kale mengandung kalsium yang sangat baik, membantu meningkatkan kesehatan tulang dan menangkal osteoporosis.   

Selain mengonsumsi daun kale, jangan lupa untuk tetap melengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi berbagai sayur, buah, serta sumber protein dan lemak sehat yang tidak kalah pentingnya.  

Selanjutnya: 5 Penyebab Gula Darah Rendah yang Perlu Anda Waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News