Santai

Sayang Belum Lolos, 5 Film Indonesia Terbaru Ini Pernah Daftar ke Piala Oscar lo

Sayang Belum Lolos, 5 Film Indonesia Terbaru Ini Pernah Daftar ke Piala Oscar lo

MOMSMONEY.ID - Tak hanya film dari luar negeri, ada juga beberapa film dari Indonesia yang sebenarnya didaftarkan ke Piala Oscar namun gagal di tengah jalan.

Dunia perfilman Indonesia semakin hari semakin dikenal di kancah dunia Internasional. Walau begitu, dunia perfilman Indonesia masih menghadapi jalan buntu untuk bisa masuk dalam nominasi Piala Oscar.

Namun, beberapa judul film Indonesia berikut sempat didaftarkan ke Piala Oscar meski tak berhasil masuk dalam nominasi:

Baca Juga: You & Me & Me, Film Romantis Thailand Terbaru Siap Tayang di Indonesia

Naga Bonar

Film dari tahun 1987 yang disutradarai oleh MT Risyaf ini tercatat sebagai film Indonesia pertama yang didaftarkan dalam nominasi Piala Oscar. Memiliki tema film perang dan komedi, film ini didaftarkan dalam gelaran Piala Oscar ke-60.

Namun sayang, film ini tidak berhasil masuk dalam kategori Film Internasional di nominasi Piala Oscar pada tahun tersebut.

Setiap tahun setelah Naga Bonar, film Indonesia terus didaftarkan dalam nominasi Piala Oscar namun masih belum lolos juga.

Hingga baru-baru ini beberapa judul film terbaru juga masih berjuang agar bisa masuk dalam jajaran nominasi Piala Oscar.

Baca Juga: Pandora: Beneath the Paradise, Drakor Makjang Terbaru Lee Ji Ah di Hotstar

Kucumbu Tubuh Indahku

Film dari tahun 2018 ini didaftarkan dalam gelaran Piala Oscar di tahun 2019. Disutradarai oleh Garin Nugroho, film ini pun juga gagal masuk dalam nominasi ajang bergengsi tersebut.

Film ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan penari Lengger dalam menghadapi masalah hidup pada masa pencarian jati dirinya.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Di tahun 2019, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak juga didaftarkan untuk masuk dalam nominasi Piala Oscar.

Walau mendapatkan tanggapan positif dan rating tinggi, film garapan Mouly Surya ini juga gagal masuk dalam nominasi Piala Oscar.

Film thriller ini mengusung tema feminis yang berlatar kehidupan di pelosok Indonesia.

Baca Juga: Daftar Pemenang Piala Oscar 2023, All Quiet on The Western Front Dominasi Daftarnya

Perempuan Tanah Jahanam

Film garapan Joko Anwar ini juga didaftarkan jadi salah satu perwakilan film Indonesia di Piala Oscar tahun 2020. Sama seperti film-film pendahulunya, film ini juga menuai kegagalan untuk bisa masuk dalam nominasi Piala Oscar.

Padahal, film ini sudah ditayangkan di luar negeri dan banyak mendapatkan penghargaan internasional lainnya juga.

Yuni

Yuni terdaftar sebagai salah satu film Indonesia yang mewakili film lainnya untuk didaftarkan di Piala Oscar pada 2021.

Menuai banyak review positif dan berhasil menyabet penghargaan, tak menjamin sebuah film mampu masuk dalam nominasi Piala Oscar.

Film Yuni garapan Kamila Andini juga gagal mewakili Indonesia di Piala Oscar.

Ngeri Ngeri Sedap

Film Indonesia terakhir yang didaftarkan untuk mewakili Indonesia di Piala Oscar adalah Ngeri-Ngeri Sedap. Film ini didaftarkan pada gelaran Piala Oscar 2022 dan juga belum berhasil menembus nominasi.

Padahal, film garapan Bene Dion ini sudah terkenal di kancah perfilman Internasional bahkan didapuk sebagai film Indonesia terbaik pada masa itu.

Nah, itulah tadi daftar beberapa judul film Indonesia yang pernah didaftarkan dalam Piala Oscar, namun harus mengalami kegagalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News