HOME, Keluarga

Satgas: 4 Minggu Berturut-turut Pemeriksaan Covid-19 di Atas 1 juta Orang Per Minggu

Satgas: 4 Minggu Berturut-turut Pemeriksaan Covid-19 di Atas 1 juta Orang Per Minggu

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Pemeriksaan Covid-19 terus dilakukan hingga saat ini.Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pun mengatakan, dalam 4 minggu terakhir, jumlah orang yang diperiksa setiap minggunya melebihi 1 juta orang.

"Tentunya ini adalah perkembangan yang sangat baik, dengan tingginya jumlah orang yang diperiksa, maka kasus Covid-19 di Indonesia pun dapat segera terdeteksi dan tidak dibiarkan semakin menular," terang Wiku saat memberikan keterangan pers, Selasa (12/10).

Adapun, per 10 Oktober lalu, jumlah orang yang diperiksa dalam 1 minggu mencapai 1,2 juta orang. Dari pemeriksaan tersebut, 76% diperiksa dengan antigen dan 24% melalui PCR dan tes cepat molekular (TCM).

Wiku juga menjelaskan, di pemeriksaan minggu terakhir, orang yang dinyatakan positif pun hanya 0,71% dari total orang yang diperiksa. 

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Tembus 100 Juta Orang

Lebih lanjut, Wiku menerangkan, 2 pemeriksaan Covid-19 yang dilakukan di Indonesia untuk mendeteksi adanya virus ini. Pertama, deteksi materi genetik virus atau Nucleic Acid Amplification Test (NAAT) seperti PCR dan TCM.

Tes deteksi NAAT ini merupakan standar utama pemeriksaan dan penegakan diagnosis Covid-19 yang digunakan untuk pasien Covid-19, suspek atau orang yang diduga terifeksi, kontak erat maupun syarat tertentu pelaku perjalanan.

Kedua, deteksi antigen yang lebih sering digunakan sebagai screening awal, maupun syarat beberapa aktivitas sosial ekonomi termasuk pelaku perjalanan.

Lebih lanjut, dia pun menjelaskan bahwa deteksi NAAT tetap merupakan standar utama. "Maka penegakan diagnosis tes antigen untuk pasien maupun kontak erat perlu dilengkapi dengan tes tersebut jika tersedia. Agar semakin akurat hasilnya," tambah Wiku.

Penggunaan antigen sendiri sudah digunakan sejak Maret 2021, dan Wiku menyebut, jumlah orang yang diperiksa dengan PCR dan TCM juga antigen, fluktuatif seiring dengan berjalannya waktu.

Selanjutnya: Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi Setelah 1 Bulan Sembuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News