BisnisYuk

Santri Pengusaha Perlengkapan Mandi untuk Jenazah, Mendapat Suntikan Modal

Santri Pengusaha Perlengkapan Mandi untuk Jenazah, Mendapat Suntikan Modal

MOMSMONEY.ID - Berbisnis tentu membutuhkan modal yang kuat dan produk unik. Berbagai cara untuk memperoleh dua hal itu bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengikuti kompetisi. Shopee Barokah pun menggelar Kompetisi Bisnis Digital Santripreneur "Dari Pesantren untuk Pesantren" yang diselenggarakan sejak Januari 2023 para santri akan mendapat hadiah modal usaha.

Dari hampir 300 toko milik Santri yang mengikuti kompetisi ini, Shopee Barokah menyeleksi peserta dengan memerhatikan beberapa aspek. Di antaranya, performa penjualan toko di Shopee selama 3 bulan terakhir, pengembangan produk inovatif, manajemen toko dan produk yang sesuai dengan kaidah Islam, serta pengembangan bisnis dan strategi marketing. Berikut apresiasi yang dihadiahkan kepada 5 pemenang asal Jawa Barat:

  • Toko santri Darul Fress asal Pondok Pesantren Al Ittifaq, Ciwidey, yang menjual aneka sayuran dan buah-buahan terpilih sebagai juara 1 yang mendapat hadiah Umrah serta modal usaha sebesar Rp 15 juta.
  • Pemenang kedua toko santri Adden Indonesia asal Pondok Pesantren Persis 259, Pangalengan, menjual produk perlengkapan mandi untuk jenazah yang terbuat dari bahan herbal dan ramah lingkungan, mendapatkan hadiah modal usaha sebesar Rp 15 juta.
  • Pemenang ketiga toko santri Ageung Fresh asal Pondok Pesantren Al Mashum, Kab. Bandung, menjual aneka sayur dan buah dengan hadiah modal usaha Rp 10 juta.
  • Dan juga toko santri Dress Kondangan asal Pondok Pesantren Al Huda Babakan Ciwaringin Cirebon dan toko Santri Yudi Sucau Shop asal Pondok Pesantren Jalalen Gartu terpilih, mendapatkan masing-masing modal usaha sebesar Rp 5 juta.

Baca Juga: Tips Alokasi Keuangan Kala Ramadan

Jodi pemilik usaha Adden Indonesia yang menjadi pemenang kedua di Jawa Barat mengaku, dia baru membuka toko online pada awal Februari 2023 setelah mengikuti pelatihan dari Shopee Barokah. Ia diajarkan untuk bisa memahami lebih detail mengenai cara membuka dan mengelola toko secara online

“Alhamdulillah dengan pelatihan bisnis digital dari Shopee, menambah akses keterampilan digital kita yang selama ini menjual produk secara offline. Semoga dengan adanya toko online di Shopee, kami dapat memberikan dampak bagi masyarakat secara lebih luas melalui produk kami.” tutur Jodi.

Sekedar informasi juga, kompetisi ini merupakan bagian dari program yang memberikan pelatihan bagi 1.000 santri di sejumlah daerah yang diharapkan dapat turut mendukung misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan perekonomian lingkungan Pondok Pesantren melalui pengembangan UMKM.

Baca Juga: Tawaran Pay Later Kian Marak, Jangan Sampai Anda Terjebak

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum melihat kompetisi yang diselenggarakan guna menambah keterampilan literasi digital di lingkungan pondok pesantren. Selama ini kita tahu bahwa program pesantren adalah untuk mencetak Mutttaqin (orang yang bertaqwa), Imaman Muttaqin (pemimpin yang bertaqwa), dan yang ketiga adalah mencetak Ulama’ul Amilin (ulama yang membagikan ilmunya) tetapi, tidak salah kalau mereka menjadi pebisnis yang hebat.

"Kami berharap lewat kegiatan santri yang sudah dididik menjadi pengusaha yang hebat di masa yang akan datang, kemudian pesantren yang mendapatkan program ini memiliki sumber ekonomi yang hebat,” jelas Ruzhanul. 

Direktur Shopee Barokah, Bukhori Muslim mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja sama demi kesuksesan program ini. Bukhori bilang para Santri memiliki potensi yang jika dikembangkan dapat berdampak positif secara sosial dan juga ekonomi. Shopee telah melihat banyak kisah sukses dari pengusaha lokal yang mampu berdaya, mandiri, dan menjadi pilar bagi komunitasnya setelah masuk ekosistem digital.

"Kami juga ingin membawa dampak positif yang sama ke lingkungan Pesantren yang dikenal telah memproduksi banyak produk berkualitas,” jelas Bukhori.

Baca Juga: Tips Ciptakan Momen Hangat Bersama Keluarga Kala Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News