BisnisYuk

Sangat Penting dalam Dunia Usaha, Ini Tips Membangun Jejaring Bisnis

Sangat Penting dalam Dunia Usaha, Ini Tips Membangun Jejaring Bisnis

MOMSMONEY.ID - Dalam bisnis, jejaring atau networking menjadi hal yang penting. Nah, berikut ini tips membangun jejaring bisnis

Dengan memiliki jejaring, wirausaha bisa mendapat dukungan modal, peluang kerjasama, bahkan membuka peluang lainnya untuk usaha itu sendiri. 

Pada acara workshop dan diskusi daring bertajuk Benefit in Networking for Startups, Fauzi Rahardian Yusuf, Marketing and Brand Manager Titipku, mengatakan, perlu ada riset atau observasi terlebih dahulu dalam mencipkatan jejaring yang lancar.

Misalnya, melihat ketertarikan orang yang akan diajak berjaring. Dengan begitu, saat bertemu, komunikasi bisa berjalan efektif, efisien, dan menghemat waktu. 

"Kita biasanya menyebut sebagai kontraprestasi. Ini adalah kondisi di mana kita bisa membawa sesuatu yang bisa ditawarkan ke pihak lain dan meminta sesuatu dari pihak lain tersebut, namun dalam batasan interest yang sama tadi," kata Fauzi.

Baca Juga: Tips Menjalankan Usaha Saat Masih Aktif Bekerja Sebagai Karyawan

Setelah bertemu dan berhasil engage, maka perlu juga ada komunikasi untuk memelihara jaringan yang dibentuk. Contohnya, Fauzi bilang, dengan mengadakan event bersama terutama dengan lembaga pemerintahan seperti Kementerian Koperasi dan UKM. 

Dari situ, Anda dapat melihat sumbangsih untuk negara atau sesuai dengan harapan pemerintah. Jika ada hal yang sama-sama disepakati, maka program bersama dan networking jangka panjang bisa didapat. 

Sementara Bryan The, VP of Growth Wahyoo, menyebutkan, langkah awal membangun networking adalah mencari tahu profil orang yang akan diajak berjejaring.

Kemudian, setelah bertemu, efektifkan elevator pitch, waktu krusial 2 menit untuk memperkenalkan siapa kita.

Christian Dotulong, Head of Marketing Credibook, menambahkan, dalam membangun networking, kebutuhan masing-masing pihak perlu dipetakan dengan baik.

Ketika pemetaan kebutuhan sudah baik, waktu yang digunakan untuk berdiskusi akan lebih efektif. Hal ini menghindari proses meeting yang tidak berkesudahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News