Bugar

Sangat Mudah, Ini Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Sangat Mudah, Ini Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

MOMSMONEY.ID - Mengenali masa subur wanita adalah hal yang sangat penting, terutama bila Anda dan pasangan sedang merencanakan untuk punya momongan.

Masa subur wanita atau masa ovulasi, adalah waktu di mana sel telur yang sudah matang dilepaskan untuk kemudian dibuahi sperma di dalam rahim.

Kesempatan untuk hamil akan lebih tinggi jika sperma telah berada dalam tuba falopi selama masa subur.

Dilansir dari Clear Blue dan Your Fertility, jika Anda adalah wanita yang sedang merencanakan kehamilan bersama pasangan, berikut adalah cara mengetahui masa subur Anda, antara lain: 

Baca Juga: Anda Perlu Tahu, 5 Penyakit Ini Tergolong Langka di Dunia

Menggunakan metode kalender

Untuk mengecek masa subur wanita memakai metode ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu kapan Anda menstruasi pada bulan kemarin atau bulan ini.

Masa subur seorang wanita akan terjadi sekitar 2–5 hari sebelum ovulasi. Namun, masa ovulasi setiap wanita bisa berbeda, tergantung lamanya siklus haid.

Misalnya, bila siklus haid Anda rata-rata adalah 28 hari, ovulasi biasanya terjadi pada hari ke-12 hingga ke-14 setelah haid hari pertama.

Mengukur suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh merupakan temperatur saat tubuh dalam kondisi istirahat. Ketika memasuki masa ovulasi, suhu basal tubuh biasanya mengalami sedikit peningkatan, kurang lebih sekitar 0,5 derajat Celsius.

Cara terbaik untuk mengukur suhu basal adalah setelah bangun tidur di pagi hari, yaitu sebelum Anda beranjak dari kasur.

Sebaiknya, Anda juga menggunakan termometer yang khusus untuk mengukur suhu basal tubuh, agar hasilnya lebih akurat. 

Baca Juga: Ingin Mengecilkan Perut? Coba 5 Olahraga Ini, Bisa Dilakukan di Rumah Loh!

Menggunakan alat prediksi ovulasi

Masa subur wanita juga bisa diketahui dengan menggunakan alat prediksi ovulasi (ovulation test pack).

Anda tinggal meneteskan sampel urine ke alat ini dan akan terbaca apakah Anda sedang subur atau tidak. Anda bisa membeli alat prediksi ovulasi di apotek terdekat, tanpa perlu resep dokter.

Bagi pasangan yang sedang berencana untuk memiliki anak, masa subur wanita bisa dijadikan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual.

Sebaliknya, hindari hubungan seksual di masa-masa tersebut jika Anda belum berencana untuk hamil atau sedang melakukan metode KB alami.

Jika masih belum paham bagaimana cara mengetahui masa subur wanita, Anda bisa berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan informasi lebih lanjut sekaligus menjalani pemeriksaan kesuburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News