Sandiaga Uno Ingin Blokir Game Fortnite, Alasannya Melindungi Anak

Reporter: Jane Aprilyani
Senin, 05 Juli 2021 | 20:01 WIB
Sandiaga Uno Ingin Blokir Game Fortnite, Alasannya Melindungi Anak

ILUSTRASI. Fortnite game installing on Android operating system is seen in this illustration taken, May 2, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

MOMSMONEY.ID - Ada yang tahu game Fortnite? Kabarnya, game yang dikembangkan Farga Corporation ini mau diblokir loh. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno segera menginstruksikan jajarannya di Kemenparekraf untuk mengkaji sekaligus memblokir game aksi tersebut agar tidak dimainkan oleh anak-anak. 

Menurut Sandiaga, ketidaklayakan game tersebut karena mode permainannya bertentangan dengan nilai-nilai luhur, khususnya keagamaan. Permainan itu pun dinilainya dapat memicu perilaku tidak menghormati antar umat beragama, mendorong aksi kekerasan dan berpotensi penistaan agama.

"Lima kali sehari minimal kita menghadap Kabah, dari mana pun kita di dunia untuk menunaikan salat wajib atau salat sunnah. Dan di game ini saya diberitahu bahwa ada Ikon yang dinilai mirip Kabah yang harus dihancurkan untuk mendapatkan senjata baru dan naik ke level berikutnya," ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga pun sepakat dengan fatwa yang diterbitkan Pusat Fatwa Elektronik Universitas Al Azhar Kairo, yakni larangan bagi umat muslim untuk tidak memainkan game Fortnite. "Oleh karena itu kami akan menginstruksikan kepada tim untuk mengkaji dan segera mengeluarkan larangan. Kami juga ingin memberikan peringatan kepada beberapa pengembang permainan untuk berhati-hati," ungkap Sandiaga Uno. 

Baca Juga: Begini Cara Pesan Blue Bird untuk Pasien OTG Covid-19

Sekedar informasi saja, game fortnite adalah permainan video yang dikembangkan Farga Corporation tahun 2017 dengan berbagai mode permainan. Ada tiga mode permainan, yaitu :

- Fortnite Save the World, di mana satu tim yang beranggotakan hingga empat pemain sama-sama melawan makhluk seperti zombie dan menjaga sebuah objek.

- Fortnite Battle Royale yang merupakan game battle royale, di mana 100 pemain saling bertarung dalam tim atau individu dan mengeliminasi satu sama lain hingga tersisa satu pemain paling top. Dari ketiga game ini, Fortnite Battle Royale merupakan game yang paling populer.

- Fortnite Creative yang merupakan game tipe sandbox, di mana pemain diberikan kebebasan untuk membangun dunia dan arena pertarungan.

Baca Juga: Jual Emas Batangan Kena Pajak, Simak Tip agar Tetap Untung

Editor: Jane Aprilyani
Terbaru