AturUang

Sampai Kapan Kewajiban Orang Tua Membiayai Anak?

Sampai Kapan Kewajiban Orang Tua Membiayai Anak?

MOMSMONEY.ID - Usai anak menyelesaikan pendidikannya, tak sedikit yang belum mendapatkan pekerjaan atau memiliki penghasilan. Di saat inilah, orang tua sebenarnya masih wajib memenuhi kebutuhan sang anak. 

Lusiana Darmawan, perencana keuangan OneShildt, mengatakan, idealnya anak masih dibiayai orang tua hingga anak bisa secara mandiri membiayai kebutuhan hidupnya. Paling tidak sudah memiliki sumber pemasukan sendiri.

Tapi, jika orang tua memutuskan untuk tetap memberikan uang ke anak meski sudah bekerja, ya, sah-sah saja. "Balik lagi ke cara dari masing-masing untuk memberikan pendidikan ke anak terkait mengelola keuangan," ungkapnya kepada MomsMoney. 

Baca Juga: Beri Literasi Keuangan, Intip 5 Cara Ajari Anak Mengatur Keuangan Sesuai Usianya

Mengelola keuangan tidak hanya cara menyimpan atau mengelola saja. Pendidikan keuangan pada anak juga mengajarkan cara menghasilkan dan mengembangkan uang tersebut.

Menghasilkan uang artinya bagaimana orang tua mengajarkan anak bisa mempunyai pemasukan bahkan mungkin sebelum usia kerja. Misalnya saja, membuat kerajinan tangan, menjual kue, dan aktivitas lain sehingga bisa menghasilkan uang.

Sementara yang dimaksud mengembangkan uang adalah mengajarkan anak cara menabung. Caranya, dengan menuntun anak memenuhi tujuan keuangannya dengan cara yang tepat dalam mengumpulkan uang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News