CLOSE [X]
ads

Sambut Imlek Lebih Menawan dengan Mempraktikkan 7 Tips Kecantikan ala Tiongkok Ini

Reporter: Ana Risma
Rabu, 26 Januari 2022 | 19:03 WIB
Sambut Imlek Lebih Menawan dengan Mempraktikkan 7 Tips Kecantikan ala Tiongkok Ini

ILUSTRASI. Wanita Tiongkok


MOMSMONEY.ID - Imlek atau Chinese New Year sudah di depan mata. Merupakan perayaan penting bagi orang-orang Tionghoa, Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 1 Februari 2022.

Selain menyiapkan nuansa serba merah, kue mangkok, barongsai, dan ornamen lampion, Imlek tahun ini bisa Anda rayakan lebih meriah dengan penampilan diri yang menawan dan sumringah.

Untuk memaksimalkan penampilan Anda di tahun baru Imlek nanti, berikut MomsMoney bagikan 7 tips kecantikan ala Tiongkok yang bisa Anda praktikkan sebagaimana dilansir dari Her Zindagi. Sudah siap?

Baca Juga: Tanda-Tanda Orang Tua Toxic dan Dampaknya bagi Anak

1. Akupuntur dan akupresur

Akupuntur dan akupresur merupakan metode pengobatan tradisional Tiongkok yang berguna untuk merangsang titik akupuntur dan membantu memulihkan aliran energi tubuh. Adapun tekanan yang diterapkan dalam metode ini sangat membantu proses detoksifikasi kulit.

Yang tidak kalah penting, akupuntur dan akupresur juga bisa mengaktifkan produksi kolagen alami dan membantu memudarkan bekas luka.

2. Manfaatkan kacang hijau

Di Tiongkok, kacang hijau atau mung bean cukup sering dimanfaatkan sebagai campuran mi, sup, kue, dan masih banyak lagi.

Selain lezat, kacang hijau juga menyimpan manfaat yang bagus untuk kulit yaitu menenangkan jerawat dan penyakit kulit lainnya seperti luka dingin dan ruam. Berkat kandungannya yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien, khasiat kacang hijau bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya dalam bentuk skincare. Bahkan, Anda juga bisa lho mengolah kacang hijau sebagai masker wajah yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan menjadikan kulit mulus.

3. Minum teh hijau

Rata-rata orang Tiongkok gemar minum berbagai teh herbal dan salah satunya yang paling populer adalah teh hijau atau green tea.

Memiliki sifat anti-inflamasi dan tinggi antioksidan, menyeruput teh hijau setiap hari diklaim dapat memberikan efek positif bagi kulit dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan lho. Jadi, yuk mulai rutin minum teh hijau dari sekarang.

4. Manfaatkan kunyit

Selain sebagai bahan masakan dan pewarna alami, kunyit juga bisa diinovasikan menjadi minuman latte yang lembut. Di sisi lain, orang-orang Tiongkok lebih suka menjadikan latte kunyit sebagai masker wajah.

Untuk membuat masker latte kunyit, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan susu dan madu. Setelah tercampur rata, gunakanlah masker tersebut untuk mengeksfoliasi kulit wajah Anda sekaligus menghidrasinya.

5. Minum he shou wu

He shou wu mungkin terasa asing di telinga Anda. Berasal dari pengobatan tradisional Tiongkok pada tahun 800 M, bahan ini merupakan campuran herbal yang memiliki manfaat untuk membantu meremajakan kulit serta melebatkan sekaligus memanjangkan rambut.

Dapat Anda beli di toko online, he shou wu bisa Anda tuai manfaatnya hanya dengan menambahkannya sebanyak ¼ sendok teh ke dalam minuman smoothie atau morning tea Anda.

6. Cuci muka dengan air beras

Tak hanya populer di Korea, tren membersihkan wajah dengan air beras juga menjadi favorit bagi orang-orang Tiongkok lho Moms. Bahkan, tren ini merupakan tradisi yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Mencuci muka dengan air beras bermanfaat untuk mencerahkan kulit serta mengatasi peradangan berkat sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Selain itu, air beras juga dipercaya mampu meratakan tekstur dan meningkatkan kekencangan kulit.

7. Pakai bubuk mutiara

Tips kecantikan ala Tiongkok terakhir yang menarik untuk Anda coba yaitu memakai bubuk mutiara. Sering digunakan oleh para wanita Tiongkok, bubuk mutiara yang terbuat dari cangkang tiram ini mengandung asam amino yang bermanfaat untuk meremajakan kulit.

Berdasarkan penelitian, bubuk mutiara mampu menenangkan peradangan, meningkatkan penyembuhan, serta meredakan kemerahan dan iritasi kulit. Sebelum diaplikasikan pada wajah, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan bubuk mutiara dengan 1 kuning telur dan 1 sendok makan madu. Setelah tercampur rata, oleskan campuran bubuk mutiara ke seluruh wajah Anda layaknya mengenakan masker.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru