Keluarga

Sama sama Tergolong Kopi Hitam, Ini 5 Perbedaan Americano dan Espresso

Sama sama Tergolong Kopi Hitam, Ini 5 Perbedaan Americano dan Espresso

MOMSMONEY.ID - Masih bingung membedakan kopi Americano dengan Espresso? Coba simak sederet perbedaannya berikut ini.

Americano maupun Espresso merupakan jenis kopi yang termasuk ke dalam golongan kopi hitam. Tampilannya cukup mirip sehingga banyak orang yang salah memesan karena mengira Americano sama persis dengan Espresso. Padahal, ada banyak perbedaan mulai dari bahan hingga rasanya.

Nah, bagi Anda yang belum tahu apa perbedaan Americano dan Espresso, langsung saja intip artikel berikut ini yang dirangkum dari laman Nescafe, Dolce Gusto, dan Otten Coffee, selengkapnya!

Baca Juga: Lengkuas dan Jahe: Persamaan, Perbedaan, Serta Bahan Pengganti sebagai Bumbu Masakan

Negara asal

Meski keduanya sama-sama tergolong ke dalam kopi hitam, namun keduanya berbeda. Perbedaan Americano dan espresso bisa dilihat dari negara asalnya.

Espresso berasal dari Italia. Kata “Espresso” itu sendiri berarti “kopi yang ditekan”. Kopi espresso pertama kali ditemukan oleh Luigi Bezzera.

Sementara kopi Americano berasal dari Amerika. Pada mulanya, Americano ditemukan oleh para tentara Amerika yang datang ke Italia dan mencicipi Espresso. Namun bagi mereka, Espresso terlalu pahit sehingga ditambahkan secangkir air panas sehingga hadirlah kopi Americano.

Secara singkat, Americano jadi sangat terkenal di wilayah Amerika dan dunia karena rasanya yang lebih familiar dan tak terlalu pahit.

Baca Juga: 4 Perbedaan Nasi Biryani, Kebuli dan Mandhi Asal Timur Tengah

Bahan dasar

Perbedaan Americano dan Espresso

Bahan dasar menjadi pembeda utama antara kopi Americano dengan espresso.

Melansir dari Nescafe, espresso itu sendiri merupakan kopi yang digiling halus, dipadatkan, lalu diseduh dengan suhu & tekanan yang tinggi sehingga menghasilkan ekstrak kopi yang teksturnya kental.

Sementara Americano merupakan espresso yang ditambahkan air panas sehingga rasanya jadi tak sepahit espresso.

Baca Juga: 5 Food Combining yang Sehat dan Cocok Dikombinasikan dengan Daging

Krema

Perbedaan Americano dengan Espresso bisa dilihat berdasarkan krema-nya. Krema sendiri merupakan busa berwarna sedikit kecoklatan yang biasa muncul di atas kopi.

Khusus untuk Espresso, krema yang banyak menandakan kualitas baik pada minuman tersebut. Sementara pada Americano, krema sudah tak lagi ada karena dibuat dengan cara menuangkan air panas ke kopi espresso sehingga busa tersebut sudah tak muncul.

Baca Juga: 5 Perbedaan Minyak Wijen vs Minyak Zaitun untuk Masakan, Sudah Tahu?

Rasa

Espresso yang baik memiliki rasa yang pahit, pekat, kental, dan asam. Bagi yang tak terbiasa dengan rasa dari jenis kopi hitam, Espresso dapat dianggap terlalu pahit.

Sementara Americano cenderung punya rasa yang lebih ringan dan enak dikonsumsi sehingga teksturnya lebih encer karena ditambahkan banyak air. Rasa dari kopi Americano terbilang universal dan dapat dinikmati siapapun baik dalam keadaan panas maupun dingin.

Baca Juga: Dapat Persingkat Waktu Masak, Ini 5 Perbedaan Utama Garlic Salt dan Garlic Powder

Dapat berubah menjadi menu lain

Perbedaan Americano dengan Espresso secara jelas dapat dilihat dari dapat atau tidaknya diolah menjadi menu kopi lain.

Pada kopi Americano, Anda tak akan mendapatkan jenis olahan minuman kopi lain. Anda hanya bisa mengkreasikannya menjadi Hot Americano ataupun Iced Americano.

Sementara pada Espresso, minuman kopi hitam yang satu ini dapat diolah menjadi aneka jenis minuman lain. Contohnya apabila Espresso dikreasikan bersama es krim maka akan menghasilkan menu Affogato.

Baca Juga: Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri dari Segi Tekstur hingga Warna

Apabila Espresso dikreasikan bersama steamed milk, maka akan menghasilkan caffe latte. Sementara apabila dikreasikan dengan susu & gula aren, maka akn menghasilkan Es Kopi Gula Aren.

Itulah sederet perbedaan Americano dan Espresso. Sekarang sudah tahu ingin pesan jenis kopi yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News