HOME, Keluarga

Sama-sama Rumah Susun, Ini Bedanya Rusunawa dan Rusunami

Sama-sama Rumah Susun, Ini Bedanya Rusunawa dan Rusunami

MOMSMONEY.ID - Rumah susun merupakan salah satu jenis hunian vertikal atau bertingkat yang banyak diminati masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di wilayah perkotaan.

Jika mengutip UURS No. 20 Tahun 2011, kita dapat menyimpulkan bahwa istilah rumah susun sebenarnya merujuk pada segala jenis hunian vertikal, termasuk apartemen dan flat. Namun, saat ini istilah rumah susun lebih umum digunakan untuk menggambarkan hunian bertingkat untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

Saat membicarakan rumah susun, biasanya ada dua istilah yang disebutkan bersamaan, yaitu rusunawa dan rusunami. Walaupun kelihatannya sama saja, rusunawa dan rusunami adalah dua jenis rumah susun yang berbeda.

Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Rumah Susun di Indonesia!

Apa saja perbedaan antara rusunawa dan rusunami? Berikut penjelasannya!

Rusunawa (Rumah susun sederhana sewa)

Menurut laman Rumah.com, rusunawa atau rumah susun sewa merupakan jenis hunian vertikal sederhana yang disewakan kepada penghuninya. Biasanya, rusunawa ditujukan kepada masyarakat kelas menengah ke bawah, masyarakat perkotaan yang tidak mampu membeli rumah, dan masyarakat yang membutuhkan hunian sementara.

Rusunawa biasanya dibangun oleh pemerintah dengan dana APBN atau APBD., sehingga hunian ini dapat menjadi alternatif pilihan tempat tinggal bagi golongan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang belum mampu memiliki rumah sendiri.

Biaya sewa rusunawa pada dasarnya cukup bervariasi dan tergantung dari lokasi dan posisi lantai unit yang disewakan. Batas maksimum pungutan sewa untuk rusunawa berada di kisaran 30% dari pendapatan, sehingga diharapkan tidak terlalu memberatkan penyewanya.

Di satu sisi, rusunawa memang dapat menjadi solusi hunian yang layak untuk masyarakat menengah ke bawah. Namun, karena sistemnya yang disewakan, penghuninya bisa saja kehilangan hak dan status sebagai penyewa jika terjadi beberapa hal tertentu.

Baca Juga: Tergolong Apartemen Mewah, Kenali Konsep Penthouse dan Keunggulannya!

Rusunami (Rumah susun sederhana milik)

Melansir Dekoruma, rusunami atau rumah susun sederhana milik adalah jenis hunian yang dapat dimiliki oleh penghuninya dengan sistem kredit pemilikan apartemen atau KPA. Karena bangunannya mirip dengan apartemen, rusunami kadang disebut sebagai apartemen bersubsidi oleh para pengembang dan pemasarnya.

Jadi, calon penghuni rusunami bisa mendapatkan subsidi khusus dari pemerintah, jika memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat membeli hunian dengan harga dan cicilan rendah. Bantuan subsidi yang dimaksud beragam, mulai dari selisih bunga, bantuan uang muka, hingga bebas PPN.

Baca Juga: Apartemen vs Rumah Susun, Apa Saja Perbedaannya?

Karena merupakan milik sendiri, penghuni rusunami akan memiliki sertifikat kepemilikan atas nama perorangan atau badan hukum. Meskipun begitu, rusunami harus digunakan sendiri oleh pemiliknya dan tidak boleh dipindahtangankan pada orang lain dalam jangka waktu tertentu.

Bila dibandingkan, tinggal di rusunami sekilas memang terasa lebih menguntungkan daripada rusunawa karena tampilannya yang mirip apartemen dan status kepemilikannya yang jelas. Namun, biaya pengelolaannya cenderung lebih mahal dibanding rusunawa.

Nah, itulah perbedaan antara rusunawa dan rusunami. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News