HOME, Bugar

Salah Satu Manfaat Markisa : Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah Satu Manfaat Markisa : Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah markisa. Kandungan nutrisi dalam buah ini bisa memberikan banyak kebaikan untuk tubuh, mulai dari mencegah berbagai penyakit hingga menjaga kesehatan tubuh.

Meski namanya buah markisa, namun sebetulnya yang dikonsumsi adalah biji dari buah markisa. Buah yang unik ini memiliki rasa yang manis dan asam serta menyegarkan. Buah markisa juga kaya akan senyawa tanaman yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Beberapa senyawa yang paling tinggi kandungannya yakni karotenoid dan polifenol.

Buah markisa tidak hanya sekedar tambahan dalam makanan atau sirup belaka. Dari nutrisi yang terkandung, buah markisa memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan Anda. Inilah beberapa kandungan nutrisi dan manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Ampuh Mengecilkan Perut Buncit untuk Perempuan

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah markisa dalam bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, kandungan buah markisa yang kaya vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

2. Menjaga kadar gula darah

Buah markisa adalah salah satu jenis buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada buah markisa ternyata bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Menurunkan risiko anemia

Manfaat buah markisa yang satu ini didapat dari kandungan vitamin C. Terbukti, vitamin C berguna untuk membantupenyerapan zat besi. Mineral yang satu ini berguna untuk memproduksi sel darah merah. Jadi, bila kadar zat besi di dalam tubuh seimbang, maka Anda tidak mengalami kekurangan sel darah merah akibat anemia defisiensi besi.

Baca Juga: Waspada, Beberapa Jenis Kanker Ini Kerap Mengintai Perempuan 

4. Membantu menurunkan berat badan

Buah markisa dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, natrium, dan lemak. Kandungan seratnya juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah kemungkinan untuk makan berlebihan.

Tak hanya itu, markisa kaya akan karbohidrat kompleks dan gula alami yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah berwarna cerah ini juga dapat mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga. 

5. Menangkal radikal bebas

Buah markisa mengandung banyak antioksidan. Antioksidan dalam buah markisa berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Paparan radikal bebas secara berlebihan dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini kulit, penyakit jantung, dan kanker.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News