HOME, Bugar

Salah Satu Manfaat Bawang Bombay : Menjaga Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Salah Satu Manfaat Bawang Bombay : Menjaga Kadar Gula Darah dalam Tubuh

MOMSMONEY.ID - Bawang bombai adalah salah satu jenis bawang yang mudah ditemukan di Indonesia. Sama seperti bawang merah dan bawang putih, bawang bombai juga kerap digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa pada masakan.

Bawang bombai yang memiliki nama ilmiah Allium cepa Linnaeus, merupakan jenis bawang yang sering Anda temukan di berbagai masakan. Selain teksturnya yang renyah, bawang ini punya aroma khas yang membantu menyedapkan makana.

Baca Juga: Hindari Konsumsi Coklat dan Keju Jika Anda Menderita Migrain

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, bawang Bombai menyimpan manfaat yang sayang untuk kamu lewatkan. Lima di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi bawang bombai juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes atau prediabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi bawang bombay mentah, sekitar 100 gram per hari, terbukti mengalami perbaikan kadar gula darah.

2. Menjaga mood

Folat yang ditemukan dalam bawang bombai ternyata juga bisa mengurangi gejala depresi. Folat mengurangi terbentuknya homosistein, senyawa yang bisa mencegah darah dan zat gizi mencapai otak dengan optimal. 

3. Melawan infeksi bakteri dalam tubuh

Tak hanya menangkal efek radikal bebas, kandungan antioksidan di dalam bawang bombai juga diyakini berpotensi untuk melawan berbagai macam bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri E.coli, S. aureus, dan B. aureus.

Baca Juga: Sayur Kale, Super Food yang Memiliki Jutaan Manfaat untuk Tubuh

4. Mencegah terjadinya kanker

Manfaat bawang bombai lainnya adalah sebagai pencegah kanker. Bawang bombai masuk ke dalam kelompok sayuran allium. Jenis sayuran ini memiliki keutamaan mencegah kanker terutama kanker perut dan kanker kolorektal (usus besar) karena senyawa organosulfur di dalamnya yang sangat tinggi.

5. Menangkal radikal bebas

Bawang bombai mengandung banyak antioksidan dan senyawa antiradang. Ini penting untuk mau, karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas berlebih yang bisa memicu kerusakan pada sel-sel sehat dan menyebabkan beragam penyakit. Antioksidan ini banyak ditemukan di lapisan terluar bawang bombai.

Untuk memperoleh manfaat bawang bombai secara maksimal, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi berbagai jenis masakan, atau ditambahkan ke dalam sup dan salad.

Selanjutnya: Rutin Konsumsi Kubis Bisa Menjaga Fungsi Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News