HOME, Santai

Salah Kirim Email? Tenang Saja, Ini Cara Gunakan Email Cancellation di Gmail

Salah Kirim Email? Tenang Saja, Ini Cara Gunakan Email Cancellation di Gmail

MOMSMONEY.ID - Mengirim email tentunya sudah menjadi satu hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang masa kini. Aktivitas ini merupakan aktivitas utama yang kerap dilakukan dalam dunia kerja maupun sekolah.

Elemen-elemen pada email tentunya tak semua bisa diketahui oleh penggunanya. Padahal, fitur elemen pada email juga harus diperhatikan agar lebih memudahkan proses berkirim pesan elektronik.

Salah satu fitur yang tak banyak diketahui banyak orang adalah fitur undo pada email Gmail.

Baca Juga: Bijak Gunakan Stiker Instagram Add Yours yang Bisa Picu Rekayasa Sosial

Tak jarang kesalahan kerap terjadi dalam proses berkirim pesan yang membuat siapa pun menjadi bingung bagaimana menanganinya. Terutama mengembalikan pesan yang telah dikirim.

Fitur email cancelation pada Gmail bisa digunakan ketika terjadi salah kirim dokumen atau email. Fitur ini terdapat pada tampilan notifikasi kecil ketika pesan telah dikirim.

Untuk menggunakan fitur ini, menekan tombol undo dapat membuat pesan tidak terkirim kepada penerima email. Sehingga kesalahan dapat diperbaiki sebelum mengirim kembali emailnya.

Fitur email cancellation ini juga memiliki durasi pembatalan email yang bisa diatur sesuai dengan kemauan penggunanya.

Baca Juga: Mengenal Fungsi CC, BCC, dan Fitur Email Lainnya

Cara mengaturnya juga cukup mudah. Cukup masuk pada menu simbol settings dan pilih pilihan see all settings yang muncul. Lalu pilih general.

Setelah menemukan menu general, selanjutnya cukup memilih bagian undo send. Pada bagian tersebut terdapat beberapa pilihan waktu durasi pembatalan email.

Durasi yang disediakan dari Gmail ini hanya berkisar diantara 5-30 detik saja. Jika telah menentukan durasi yang dipilih maka selanjutnya hanya perlu menekan pilihan angka durasi tersebut. 

Akhiri proses pengaturan dengan menekan tombol simpan pada bagian bawah email. Maka selanjutnya proses pembatalan email dapat digunakan dan memiliki durasi sesuai dengan yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News