HOME, Santai

Saat Arus Balik Lebaran 2022, Ini Link Pantauan Lalu Lintas CCTV Online

Saat Arus Balik Lebaran 2022, Ini Link Pantauan Lalu Lintas CCTV Online

MOMSMONEY.ID -  Simak daftar link CCTV pemantauan kepadatan lalu lintas secara online selama arus balik Lebaran 2022. Link pantuan lalu lintas CCTV online penting untuk mencegah terjebak kemacetan saat puncak arus balik.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi bahwa puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada 6-8 Mei 2022. Data tersebut diperoleh dari laporan Survei Potensi Pergerakan Orang Lebaran 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pasalnya, sejumlah aktivitas perkantoran akan kembali normal pada Senin (9/5/2022). Selain itu, penetapan cuti bersama oleh pemerintah juga berakhir pada Jumat (6/5/2022). Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada masyarakat yang cutinya bisa diperpanjang untuk menghindari perjalanan balik pada tanggal tersebut sebagai upaya pencegahan kepadatan kendaraan.

Selain itu, Budi juga menyampaikan agar pemudik memperhatikan dua titik utama kemacetan selama puncak arus balik. Kedua titik kemacetan itu diperkirakan akan terjadi di tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak. "Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak," ujar Budi, dikutip dari laman Kemenhub (4/5/2022).

Untuk memantau kemacetan lalu lintas, Anda bisa memanfaatkan laman yang menyediakan layanan live streaming dari tangkapan kamera CCTV online yang terpasang di sejumlah titik atau rute. Dengan pantuan lalu lintas CCTV online tersebut, pengendara dapat melihat kondisi lalu lintas terkini secara online lewat layar ponsel.

Setelah mengetahui kondisi lalu lintas terkini, nantinya pengendara dapat menentukan rute lain yang mungkin lebih lancar.

Baca Juga: Simak Daftar Film yang Tayang di Bioskop saat Liburan Idul Fitri 2022 Ini! No Spoiler

Untuk lebih lengkapnya, berikut link pantuan lalu lintas CCTV online yang dapat diakses secara online untuk memantau kemacetan lalu lintas:

1. Link CCTV RTTMC Kemenhub

Laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub memiliki layanan live streaming kondisi lalu lintas, yang bersumber dari kamera CCTV di beberapa ruas jalan. Akan tetapi, tidak semua ruas jalan di Indonesia bisa dipantau lewat live streaming CCTV pada laman RTTMC Kemenhub.

Ada lebih dari 30 pantuan lalu lintas CCTV online yang terpasang di titik rawan kemacetan, seperti pada jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Supaya bisa mengecek kemacetan lalu lintas, kunjungi link live streaming CCTV berikut http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv, lewat browser di ponsel.

Setelah laman terbuka, pilih tayangan langsung CCTV jalan pada lokasi tertentu. Setelahnya, situs bakal menampilkan tayangan kondisi lalu lintas secara real-time ke layar ponsel. Sebelum mengakses layanan dari RTTMC ini, pastikan ponsel terhubung dengan koneksi internet yang memadai.

2. Link CCTV via lewatmana.com

Laman lewatmana.com juga menyediakan layanan live streaming pantuan lalu lintas CCTV online untuk memantau kondisi lalu lintas. Laman lewatmana.com yang dikelola oleh pihak swasta ini memiliki beberapa CCTV yang terpasang pada ruas jalan di wilayah DKI Jakarta, Bandung, Depok, dan Surabaya.

Namun, untuk saat ini, tampaknya layanan live streaming CCTV dari Lewatmana.com hanya dapat menyajikan kondisi lalu lintas di wilayah DKI Jakarta saja. Sementara itu, di tiga wilayah lainnya, tertulis bahwa layanan live streaming sedang offline.

Untuk bisa mulai mengecek kemacetan lalu lintas, Anda dapat mengunjungi link live streaming CCTV berikut https://lewatmana.com/, menggunakan browser di ponsel. Setelah laman terbuka, pilih tayangan langsung CCTV jalan pada lokasi tertentu. Laman bakal menayangkan kondisi lalu lintas terkini pada lokasi yang telah dipilih. Sebelum itu, pastikan ponsel telah terhubung dengan koneksi internet.

3. Link CCTV ATCS Dishub

Anda juga bisa memantau kepadatan arus lalu lintas melalui layanan live streaming CCTV atau pantuan lalu lintas CCTV online Area Traffic Control System (ATCS) dari Dinas Perhubungan (Dishub) di kota atau kabupaten tertentu. Tayangan pantuan lalu lintas CCTV online yang digunakan ATCS Dishub ruang lingkupnya spesifik pada ruas jalan yang ada di satu kota atau kabupaten saja.

Tiap kota atau kabupaten biasanya memiliki laman ATCS Dishub yang berbeda-beda. Sebagai contoh, link live streaming CCTV ATCS Dishub Kota Bandung bisa diakses di http://atcs-dishub.bandung.go.id/.

Laman ATCS Dishub pada kota atau kabupaten lain bisa dicari di Google Search dengan kata kunci "ATCS Dishub" dan tambahkan nama kota atau kabupaten tertentu. Cara melihat kemacetan lalu lintas lewat laman ATCS Dishub sama halnya yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jika hendak melintasi suatu kota tertentu, Anda bisa mengunjungi link CCTV ATCS Dishub tersebut melalui browser di ponsel. Setelah laman terbuka, pilih tayangan langsung CCTV jalan pada lokasi tertentu. Sebelum mengakses website CCTV ATCS Dishub, pastikan pula ponsel telah terhubung dengan koneksi internet.

Itulah daftar link pantuan lalu lintas CCTV online untuk melihat kemacetan arus balik Lebaran 2022. Semoga perjalanan balik Anda lancar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Link CCTV untuk Pantau Kepadatan Arus Balik Lebaran 2022",


Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News