HOME, Keluarga

Rutinitas Skincare Sebelum dan Sesudah Olahraga yang Perlu Anda Ketahui

Rutinitas Skincare Sebelum dan Sesudah Olahraga yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mulai menaruh perhatian pada gaya hidup sehat salah satunya dengan melakukan workout.

Tidak hanya membuat bugar, workout juga bermanfaat untuk menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa para pegiatnya.

Meskipun begitu, jangan lantas workout membuat kulit mengalami berbagai permasalahan akibat ketidaktahuan perihal tata cara merawat kulit sebelum, pada saat, dan sesudah melakukan workout.

Lalu, bagaimana sih cara merawat kulit yang disarankan dan perlu diketahui sebelum memulai aktivitas menyehatkan tersebut?

Ini 5 rutinitas skincare yang wajib Moms terapkan baik sebelum maupun sesudah workout.

Baca Juga: Konsumsi Vitamin Ini Secara Rutin untuk Dapatkan Kulit Sehat Dan Glowing

1. Cuci muka sebelum memulai workout

Sebelum memulai aktivitas workout, jangan lupa untuk memastikan bahwa wajah Moms sudah terbebas dari minyak dan sisa-sisa skincare semalam.

Dengan melakukan cuci muka sebelum berolahraga, maka kemungkinan munculnya jerawat pasca-workout pun dapat diminimalkan.

Gunakanlah produk cleanser yang telah teruji secara dermatologis serta memiliki formula hypoallergenic dan non-comedogenic.

Sebaiknya, Moms juga menggunakan cleanser yang tidak mengandung sabun, bahan kimia keras, dan pewarna.

Tidak lupa juga untuk memilih cleanser yang mengandung Vitamin E untuk membantu menutrisi kulit.

2. Selalu gunakan sunscreen sebelum workout

Apabila Moms berolahraga di outdoor pada pagi hari, maka sunscreen wajib untuk Moms gunakan sebelum memulainya. Tak hanya pada wajah, sunscreen juga harus Moms aplikasikan ke bagian tubuh lainnya yang sekiranya terbuka.

Setidaknya, pakailah sunscreen yang mengandung SPF 30 PA++ untuk membantu memblokir sinar matahari yang berbahaya bagi kulit sekaligus untuk mencegah gosong, kulit terbakar, bintik-bintik hitam, serta tanda-tanda penuaan dini.

Nah, supaya nyaman digunakan, Moms dapat memilih sunscreen yang memiliki formula ringan, tidak berminyak, dan memiliki hasil akhir matte.

Jangan lupa juga untuk mengoleskan lip balm ber-SPF minimal 15 agar bibir tetap lembab dan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

3. Sediakan handuk lembut saat berolahraga

Berkeringat saat berolahraga memanglah wajar, namun keringat juga menyimpan risiko yang bisa merugikan kulit.

Untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi pada kulit Moms akibat keringat, pastikan Moms tidak menyentuh bagian wajah dengan tangan kosong pada saat berolahraga.

Sebagai gantinya, gunakanlah handuk bersih yang lembut untuk menyeka keringat yang bercucuran.

Mengapa harus menggunakan handuk dibandingkan tangan?

Karena, kuman dan bakteri yang ada pada fasilitas olahraga dapat berpindah dari tangan ke wajah sehingga jerawat, ruam, hingga infeksi pun akan mudah menyerang kulit wajah Moms.

Jadi, jauhkanlah tangan Moms dari wajah dan selalu sediakan handuk kecil yang praktis untuk dibawa.

4. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi

Tidak cukup minum air saat berolahraga dapat membuat kulit Moms stres sekaligus dapat membuat bibir menjadi kering.

Itulah mengapa penting bagi Moms untuk menyediakan air mineral ketika berolahraga supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik setiap saat.

Bawalah botol air sendiri dan minumlah secara bertahap di sela-sela proses workout yang sedang Moms lakukan.

5. Jangan sampai melewatkan bersih-bersih setelah workout

Pembersihan pasca-workout sangat penting dilakukan untuk menjaga kulit Moms tetap sehat dan indah.

Setelah keringat sudah berhenti mengalir dan tubuh sudah mulai kering, segeralah membersihkan wajah dengan facial wash untuk menghilangkan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Lalu, lanjutkanlah dengan membersihkan seluruh bagian tubuh dengan air dan sabun yang memiliki formula bersahabat bagi kulit.

Moms dapat memilih sabun mandi yang mengandung bahan-bahan organik seperti coconut oil atau tea tree oil untuk detoksifikasi, meremajakan, sekaligus menyegarkan kulit setelah penat berolahraga.

6. Akhiri dengan pelembab

Tahapan skincare terakhir yang harus Moms terapkan usai berolahraga adalah mengaplikasikan pelembab.

Menggunakan pelembab sehabis berolahraga dan bersih-bersih penting dilakukan untuk menenangkan sekaligus melembabkan kulit Moms.

Agar kulit menjadi lembab tanpa sensasi yang berat dan berminyak, Moms dapat menggunakan produk pelembab berbentuk gel yang ringan untuk menghidrasi dan menyegarkan kulit.

Untuk membuat kulit Moms bercahaya pasca-workout, pelembab dengan kandungan Vitamin E dan Hyaluronic Acid bisa Moms jadikan sebagai pilihan terbaik.

Selanjutnya: Ketahui 6 Cara Mencegah Jerawat yang Akan Tumbuh di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News