HOME, Bugar

Rutin Konsumsi Talas Bisa Menurunkan Gula Darah

Rutin Konsumsi Talas Bisa Menurunkan Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Talas atau Colocasia esculenta adalah jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di daratan Afrika, Amerika, dan Asia. 

Di Indonesia, talas merupakan tumbuhan yang dapat disulap menjadi aneka ragam makanan bercita rasa lezat, misalnya bolu, keripik, kolak, bubble tea, hingga es campur. 

Tak hanya rasanya yang lezat, manfaat talas bagi kesehatan juga begitu melimpah. Hal ini berkat kandungan gizinya yang menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi sehari-hari. 

Dikutip dari beberapa sumber Medical News Today dan Everyday Health, beberapa manfaat talas bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Baca Juga: 5 Sumber Karbohidrat yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

1. Menjaga kadar gula darah

Manfaat talas berikutnya adalah menjaga kadar gula darah. Tak heran, talas tergolong sebagai karbohidrat kompleks. Setelah mengonsumsi talas yang kaya serat, gula darah tidak akan melonjak terlalu tinggi.  

Hal tersebut karena penyerapan gula dari talas berlangsung secara perlahan. Turunnya gula darah juga akan terjadi dalam waktu yang relatif lama. Umbi-umbian ini mengandung pati resisten yang lebih sulit dicerna. 

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat serat tak hanya untuk menjaga kadar gula darah, tapi juga baik untuk memelihara kesehatan jantung. Hal ini berkat kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi pada talas. 

Di dalam tubuh, serat dari talas berfungsi untuk memastikan agar kadar kolesterol tetap normal. Jika teralu banyak, kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga aliran darah ke organ tubuh tertentu jadi terhambat.  

3. Membantu menurunkan berat badan

Talas merupakan jenis karbohidrat kompleks. Dengan begitu, konsumsi talas akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Anda akan terhindar dari rasa lapar terus-menerus yang bisa meningkatkan asupan kalori Anda.  

Baca Juga: Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Nyeri Sendi

4. Meningkatkan kekuatan tulang

Tulangmu dapat lebih kuat dengan mengonsumsi talas. Ternyata talas memiliki kandungan kalsium yang terbilang cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan tumbuhan sejenisnya, misalnya singkong. 

Singkong hanya mengandung 15 mg kalsium dalam setiap 100 gramnya. Sedangkan pada porsi yang sama, talas mengandung sekitar 150 mg kalsium, dilansir dari Healthline.  

5. Menjaga kesehatan mata

Talas mengandung berbagai antioksidan, termasuk beta-karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan dengan menangkal radikal bebas yang menyerang mata sehingga bisa mencegah degenerasi makula atau katarak.  

Manfaat talas ternyata sangat beragam dan baik untuk kesehatan. Akan sangat baik jika Anda sesekali memasukkan talas sebagai variasi menu harian. 

Namun jangan lupa untuk memasaknya secara sempurna guna mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News