HOME, Bugar

Rutin Konsumsi Makanan Sehat Ini untuk Turunkan Diabetes

Rutin Konsumsi Makanan Sehat Ini untuk Turunkan Diabetes

MOMSMONEY.ID - Penderita diabetes memang harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Memilih makanan yang baik untuk kestabilan gula darah menjadi kunci utama agar penderita diabetes bisa hidup sehat. Makanan mengandung glukosa tetap diperlukan bagi tubuh sebagai sumber energi.

Maka itu, sebagai penderita diabetes, Anda tentu perlu memperhatikan makanan yang masuk agar gula darah tetap stabil dan terhindar dari komplikasi diabetes. 

Berikut ini adalah rekomendasi makanan untuk penderita diabetes. 

Baca Juga: Penyebab Diabetes Gestasional pada Kehamilan yang Perlu Diwaspadai

1. Kacang-kacangan​

Kacang baik sebagai camilan untuk penderita diabetes. Pasalnya, kacang memiliki kandungan yang kaya serat dan protein. Kacang juga juga mengandung karbohidrat kompleks dan termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. 

Oleh karena itu, kacang lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis.  

Menurut Young-Cheul Kim dari University of Massachusetts Amherst, kacang-kacangan terbukti mampu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

2. Jagung

Sebuah studi pada jurnal Food Science and Human Wellness baru-baru ini menemukan bahwa rutin makan jagung yang kaya akan pati setiap hari dapat membantu diabetesi mengendalikan gula darahnya lebih baik. 

Jagung memiliki nilai glikemik rendah sehingga bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes.  

Jagung juga mengandung serat dan pati (jenis karbohidrat kompleks) yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Hal ini membuat kadar gula darah tidak begitu cepat naik setelah makan. 

3. Gandum

Biji-bijian utuh merupakan salah satu makanan paling sehat untuk diabetes. Salah satu varian biji-bijian yang banyak difavoritkan dalam diet diabetes adalah gandum 

Gandum termasuk makanan dengan nilai glikemik rendah yang juga tinggi serat. Dua kombinasi menguntungkan ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. 

Baca Juga: Meskipun Pahit, Kandungan Nutrisi Pare Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

4. Ubi jalar

Ubi jalar menjadi makanan yang memberi manfaat baik untuk mengendalikan gula darah penderita diabetes. Kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium dalam makanan ini juga baik untuk penyakit diabetes.

Anda bisa menikmati ubi jalar dengan berbagai cara, mulai dari direbus, dipanggang, atau ditumbuk. 

5. Sayuran berdaun hijau  

Beberapa sayuran berpati mengandung tinggi karbohidrat dengan indeks glikemik yang juga tinggi. Namun, tidak semua sayuran mengandung pati.  

Sayuran hijau mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah, dilansir dari Everyday Health. Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran hijau tersebut bentuk lalapan, campuran salad, sup, tumisan, dan lain sebagainya. 

Selanjutnya: Manfaat Brokoli bagi Wanita, Menyehatkan Kandungan hingga Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News