HOME, Bugar

Rutin Konsumsi Kubis Bisa Menjaga Fungsi Jantung

Rutin Konsumsi Kubis Bisa Menjaga Fungsi Jantung

MOMSMONEY.ID - Kubis (Brasicca oleracea) adalah salah satu sayuran yang termasuk dalam kelompok brokoli dan kembang kol. Sayuran ini umum diolah sebagai menu makanan sehari-hari.

Seperti kebanyakan sayuran, kandungan nutrisi utama kubis adalah serat yang dilengkapi vitamin dan mineral. Meskipun tampak sederhana, nutrisi yang terkandung di dalam kubis sangat istimewa karena bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. 

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 5 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat

1. Menjaga fungsi jantung

Kubis memiliki kandungan senyawa antioksidan bernama anthocyaninyang diyakini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut turut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa memperbanyak asupan makanan dengan kandungan anthocyanin terbukti dapat menurunkan tekanan darahsekaligus risiko gangguan arteri koroner. 

Selain itu, senyawa antioksidan lain yaitu polifenol yang tinggi dalam sayur kol juga berkhasiat menjaga fungsi jantung.

2. Mencegah kanker

Kandungan vitamin C yang tinggi pada sayur kubis tak hanya membantu memenuhi kebutuhan gizi harian saja, tetapi juga memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. 

Bukan hanya itu, kubis mengandung senyawa sulforaphane yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa menangkal sel kanker.

3. Mengurangi peradangan

Kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid di dalam kubis diyakini baik untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radang usus dan rheumatoid arthritis.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Diterapkan Pasca Sembuh dari Covid-19

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi mempengaruhi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Seperti yang diketahui, tekanan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. 

Dokter sering menyarankan pasien tekanan darah tinggi untuk mengurangi asupan garam. Namun, bukti terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan kalium makanan sama pentingnya untuk menurunkan tekanan darah.

5. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya baik untuk memeliharan kesehatan jantung, kubis juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan polifenol yang tinggi di dalam kubis diyakini dapat mencegah gangguan penglihatan akibat degenerasi makula.

Selanjutnya: Cuka Apel Bisa Jadi Obat Herbal untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News