Keluarga

Rumah Sering Berdebu? Begini Cara Menghilangkannya

Rumah Sering Berdebu? Begini Cara Menghilangkannya

MOMSMONEY.ID -  Debu bisa jadi hal yang paling mengganggu di rumah. Mulai dari menyebabkan bersin-bersin hingga memunculkan perasaan rumah yang tidak pernah besih. Lalu bagaimaba cara menghilangkan debu di rumah? 

Rumah bakal sering terkena debu jika Anda tinggal di daerah yang cukup kering. Debu bisa semakin parah apabila halaman Anda penuh dengan pasir. Angin yang bertiup memudahkan debu mengisi seluruh rumah. 

Satu-satunya cara menghilangkan debu di rumah adalah rajin membersihkan rumah Anda. Namun ada baiknya Anda melihat panduan di bawah ini supaya Anda tak melewatkan bagian-bagian yang perlu dibersihkan. 

Baca Juga: Ternyata Pemilihan Gorden Bisa Memengaruhi Energi Positif di Rumah, lo

Ini cara menghilangkan debu di rumah

1. Tutup jendela Anda
Jika Anda merasa di luar sedang sangat kering, terik dan berangin kencang mungkin ini saatnya Anda menutup jendela. Angin dari luar bisa dengan mudah membawa partikel debu masuk ke rumah. 

2. Cuci bantal dan guling dengan rutin
Bantal Anda adalah tempat banyak debu yang menempel, serta sel kulit mati. Berbahayanya lagi, mungkin di bantal Anda banyak tungau yang senang memakan sel kulit mati. Cuci minimal satu tahun tiga kali dengan air panas. 

3. Rutin mengepel lantai
Lantai juga tempat yang mudah berdebu, terutama lantai yang berada di bawah furnitur. Untuk menghindari debu yang menumpuk, sapu dan pel setiap hari. 

4. Kebaskan karpet dan keset di rumah Anda
Karpet dan keset merupakan tempat bersarangnya debu. Untuk karpet dan keset berukuran kecil, bawa keluar dan kebaskan. Ini akan memudahkan kotoran dan debu menghilang. 

5. Cuci gorden dengan rutin
Gorden yang berfungsi menutup jendela juga menjadi tempat berkumpulnya debu. Terutama karena jendela sering kali tidak tertutup dengan benar. Sebaiknya Anda rutin mencuci jendela. 

6. Gunakan keset di setiap pintu masuk
Keset berfungsi untuk membersihkan kaki dan alas kaki Anda sebelum masuk ke rumah. Menggunakan keset di setiap pintu masuk mencegah debu banyak masuk ke dalam rumah. 

7. Jangan gunakan sepatu masuk ke dalam rumah
Buat aturan jangan menggunakan sepatu saat di dalam rumah. Sepatu banyak menyimpan debu, kotoran bahkan bakteri. Lepas sepatu Anda saat masuk ke rumah berarti mencegah debu masuk ke dalam rumah. 

8. Jangan lupa bersihkan langit-langit di rumah
Langit-langit merupakan area di rumah yang kerap terlupakan untuk dibersihkan. Padahal langit-langit juga bisa menjadi tempat debu menempel. Bersihkan langit-langit menggunakan sikat panjang, kemoceng atau sapu yang ada di rumah. 

Baca Juga: 4 Aksi Pyo Ye Jin Sebagai Hackers Rainbow di Drakor Taxi Driver 2

Demikian cara menghilangkan debu yang ada di rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News