Bugar

Ruam Tak Biasa, Ketahui 4 Ciri-Ciri Alergi Kosmetik pada Wajah

Ruam Tak Biasa, Ketahui 4 Ciri-Ciri Alergi Kosmetik pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Pentingnya mengenal ciri-ciri alergi kosmetik pada wajah supaya Anda bisa menghentikan pemakaian produk. Kosmetik atau make up selalu melekat pada perempuan.

Sebab, kosmetik dapat mempercantik dan memberikan kepercayaan diri pada seorang perempuan. 

Efek dari alergi kosmetik pada wajah cukup memperburuk kondisi wajah Anda. Supaya tidak mengalami masalah, berikut empat ciri-ciri alergi kosmetik pada wajah yang harus Anda tahu dilansir dari senka.id, yaitu: 

1. Terasa gatal

Ciri-ciri pertama alergi kosmetik adalah wajah terasa gatal. Jika Anda merasakan gatal di bagian pipi, hidung atau dahi setelah memakai produk kosmetik, maka pertanda bahwa kulit sedang alergi terhadap kandungan dari kosmetik yang digunakan.

Ada beberapa produk kosmetik seringkali mengandung berbagai bahan campuran seperti alkohol, parfum buatan, atau pengawet berupa paraben yang bisa memicu sensitivitas pada kulit Anda. 

Namun, perlu diketahui juga bahwa tidak semua alkohol dan parfum yang terdapat dalam kosmetik atau produk skincare berbahaya bagi kulit. Anda masih bisa memilih produk kosmetik atau skincare dengan kandungan alkohol atau parfum yang lembut pada kulit.

Karena terdapat beberapa jenis alkohol dalam skincare justru dapat melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit. Perhatikan baik-baik kandungan di dalam kosmetik Anda. 

2. Muncul jerawat dan komedo

Ciri-ciri alergi kosmetik selanjutnya adalah wajah muncul jerawat dan komedo. Walaupun banyak sekali penyebab munculnya jerawat dan komedo, tetapi masalah ini bisa menjadi pertanda bahwa kulit Anda mengalami alergi pada produk kosmetik yang Anda gunakan.

Jerawat akibat alergi seringkali disebut sebagai breakout, terasa gatal, dan akan muncul secara berlebihan pada area tertentu.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Moisturizer Ringan untuk Kulit Berminyak

3. Biduran atau bintik-bintik

Berikutnya, wajah Anda akan muncul biduran atau bintik-bintik menyerupai bentol kemerahan. Bintik-bintik kecil ini juga dibarengi dengan sensasi perih pada wajah, serta munculnya bengkak dan rasa gatal.

Jika Anda mengalami gejala ini, jangan sampai Anda menggaruk rasa gatal yang muncul pada wajah agar tidak semakin parah.

4. Ruam yang tidak biasa

Ciri-ciri alergi kosmetik lainnya adalah ruam yang tidak biasa. Setelah beraktivitas terlalu lama di bawah matahari, wajar halnya kalau kulit kita cenderung mengalami kemerahan walaupun sudah memakai sunscreen.

Namun, jika Anda mengalami ruam/kemerahan yang berlebihan disertai dengan rasa gatal atau kulit bengkak, bisa jadi kulit Anda mengalami ketidakcocokan dengan produk make up yang kamu gunakan. 

Kondisi ruam yang tidak biasa ini seringkali disebut dengan dermatitis kontak alergi, yaitu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap produk kosmetik tertentu.

Biasanya, reaksi ini muncul 12-48 jam setelah Anda menggunakan kosmetik yang mengandung formula atau kandungan yang tidak cocok dengan kulit Anda.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri alergi kosmetik pada wajah yang perlu Anda perhatikan. Pilihlah kandungan kosmetik yang aman dan sesuai dengan kondisi kulit wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News