CLOSE [X]
ads

Ini Risiko Di Balik Praktisnya Kartu Kredit Digital alias Paylater

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Jumat, 13 Agustus 2021 | 08:50 WIB
Ini Risiko Di Balik Praktisnya Kartu Kredit Digital alias Paylater

ILUSTRASI. Paylater memang mudah digunakan, tetapi ada risiko yang siap mengancam. Mulai dari Denda Keterlambatan, biaya admin, hingga arus kas dapat terganggu.


MOMSMONEY.ID -   Meski terbilang menggiurkan di saat dibutuhkan, penggunaan paylater juga cukup berisiko. Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com menyebut, ada tiga risiko yang akan dihadapi ketika menggunakan paylater. 

Pertama, ada biaya tambahan jika tak bayar tepat waktu. Kedua, akan ada biaya tambahan ketika bertransaksi. Dan ketiga, kalau tidak dicatat, bisa jadi pengeluaran kita tidak terkontrol dan menyebabkan pos keuangan lain terganggu.

Baca Juga: Bijak Gunakan Paylater, Bisa untuk Modal Bisnis dan Kebutuhan Darurat

Kendati demikian, menurut Widya, siapapun bisa  menggunakan paylater. Namun, dengan syarat bahwa paylater merupakan alat ganti pembayaran yang harus dibayar lunas akhir bulan. ”Paylater bukan dana cadangan atau dana darurat,” ujarnya.

Karena bukan dana cadangan, Widya juga mengingatkan agar pengguna teliti dalam memilih platform. Dia tegaskan untuk memilih penyedia paylater yang memiliki izin dan terdapat lambang OJK.

Di samping itu, buat anggaran khusus paylater agar Anda tak terkena denda. Sementara, kalau akun tiba-tiba dinonaktifkan, maka telusuri dahulu apakah ada ketentuan dan syarat yang Anda langgar.

Selanjutnya: Berencana Membeli Properti di Luar Negeri? Ini Negara Favorit Pilihan WNI

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru