Santai

Resiliensi di Dunia Kerja Penting Enggak ya? Simak Penjelasannya di Sini

Resiliensi di Dunia Kerja Penting Enggak ya? Simak Penjelasannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Jadi istilah penting dalam dunia kerja, inilah penjelasan singkat tentang resiliensi atau keuletan.

Resiliensi disebut juga sebagai keuletan dalam bahasa Indonesia. Istilah ini banyak menjadi sorotan dalam dunia kerja. Kok bisa?

Mengutip dari laman Wikipedia, resiliensi adalah kemampuan secara mental dan emosional untuk bertahan dalam situasi apa pun. Termasuk, dalam situasi pekerjaan yang penuh tekanan.

Baca Juga: 4 Channel YouTube untuk Latihan Soal Seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Keterampilan ini adalah salah satu jenis keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Karena, keterampilan ini akan menunjukkan kemampuan seseorang dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah.

Orang-orang yang memiliki keterampilan ini biasanya merupakan orang-orang yang peka terhadap situasi dan mengenali kondisi emosionalnya sendiri.

Sehingga, mereka pun memiliki kemampuan untuk mengontrol diri maupun cara bertindak dalam beragam keadaan dan situasi.

Untuk bisa menguasai keterampilan ini, seseorang harus memiliki 7 resilience skill. Menurut dokter anak Ken Ginsberg dalam laman Very Well Mind, ada 7C yang harus dikuasai agar bisa memiliki kepribadian ulet ini.

Baca Juga: Punya Kepribadian Introvert Enggak Perlu Ciut, Ini 6 Keistimewaannya

Competence, confidence, connection, character, contribution, coping, dan control adalah 7 resilience skill yang harus dimiliki seorang yang ulet.

Dalam dunia kerja, 7 kemampuan tersebut tentu memiliki banyak kaitannya dengan performa kerja seseorang.

Sebab, dengan menguasai ketujuh kemampuan ulet tersebut, seseorang akan memiliki keadaan emosi positif yang bisa meningkatkan optimisme, semangat, dan juga pengalaman baru.

Selain itu, untuk bisa menciptakan seseorang dengan resiliensi tinggi, peran perusahaan dan tempat kerja juga diperlukan. Salah satunya, dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Melansir dari laman Work Place Mental Health, sebuah perusahaan harus bisa menyediakan situasi kerja yang aman, nyaman, dan minim stres, agar para karyawan betah serta ulet pada pekerjaannya.

Baca Juga: Badan Sakit Semua? Bisa Jadi Terlalu Banyak Duduk, Kenali 4 Tandanya di Sini

Nantinya, hal tersebut bisa membantu pekerja untuk memiliki motivasi lebih dalam mengerjakan tugasnya.

Mengutip laman Forbes, resiliensi juga menjadi hal penting dalam dunia kerja karena bisa mempengaruhi perkembangan karier pekerja.

Pekerja masa kini cenderung suka mencari pekerjaan yang bisa menambah perkembangan mereka dalam hal karir dan pengalaman.

Dari hal tersebut, maka tunjangan perkembangan karir serta pengalaman kerja juga harus bisa disediakan oleh tempat kerja.

Tujuannya adalah biar pemimpin dan karyawan bisa bekerja sama dan berinovasi dalam lingkungan kerja secara terampil dan ulet.

Ternyata penting, itulah tadi penjelasan singkat tentang resiliensi atau keuletan dalam dunia kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News