HOME, Santai

Resign Juga Ada Etikanya Loh, Ini Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Resign!

Resign Juga Ada Etikanya Loh, Ini Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Resign!

MOMSMONEY.ID - Bekerja di tempat yang tidak nyaman dan tidak memberikan fasilitas sepadan dengan performa kerja tentunya membuat pikiran untuk resign atau keluar dari tempat kerja selalu muncul.

Secara etika, tentunya resign tidak bisa dilakukan begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk resign dari sebuah pekerjaan dan perusahaan.

Baca Juga: Mau Melamar Pekerjaan Baru? Ini 4 Aspek Pelamar yang Dicek HRD Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa etika resign yang telah dirangkum oleh Momsmoney dari laman The Balance Careers.

Berikan notice

Sebelum memutuskan untuk resign, secara etika sebaiknya memberikan notice atau pemberitahuan pada atasan. Biasanya notice atau pemberitahuan diberitahukan pada atasan paling lambat 2 minggu dari tanggal resign. Tergantung juga dari sebagaimana notice yang telah disepakati dalam kontrak kerja. Hal tersebut berguna membantu perusahaan untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan proses resign.

Berikan alasan resign

Alasan resign tentunya diperlukan sebelum melakukan resign dari perusahaan. Alasan yang diberikan juga tidak perlu dengan keterangan yang detail. Namun sebisa mungkin berikan alasan yang bagus dan masuk akal. Alasan yang diberikan ternyata juga bisa berguna sebagai evaluasi perusahaan tempat bekerja. Di samping itu alasan yang bagus juga bisa membantu memperlancar proses resign.

Baca Juga: Pasangan Baru Menikah Wajib Punya Rekening Bersama Loh! Ini Alasannya!

Menyelesaikan tanggung jawab

Jangan lupa, hal utama yang harus diselesaikan sebelum resign adalah menyelesaikan semua tanggungan pekerjaan di perusahaan. Sebaiknya, ajukan resign setelah semua tanggung jawab pekerjaan diselesaikan. Hal tersebut berguna untuk membantu menjaga dan memberikan penilaian performa kerja yang baik walaupun ingin mengajukan resign.

Mengembalikan fasilitas perusahaan

Fasilitas perusahaan merupakan salah satu hal yang bisa dinikmati oleh pegawainya untuk menunjang performa kerja. Biasanya pegawai akan diberikan fasilitas yang bisa digunakan secara gratis seperti laptop, ponsel, dan juga banyak hal lainnya. Jangan lupa untuk mengembalikan fasilitas yang dipinjamkan perusahaan sebelum resign.

Berpamitan

Salah satu etika resign yang tidak tertulis namun sebaiknya dilakukan adalah berpamitan. Berpamitan pada rekan kerja dapat diberikan melalui surat resign secara resmi. Berpamitan dengan rekan kerja pun dapat juga diberikan secara langsung di kantor. Hal tersebut bisa membantu untuk menjalin hubungan yang baik dengan atasan maupun teman kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News