HOME, Keluarga

Rekomendasi Warna untuk Ruang Keluarga ala Feng Shui, Apa Saja?

Rekomendasi Warna untuk Ruang Keluarga ala Feng Shui, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Warna memainkan peran yang cukup penting dalam feng shui, karena berpengaruh pada keberadaan energi baik di dalam rumah dan menentukan hoki penghuninya.

Saat menentukan warna yang cocok untuk ruangan di rumah, Anda bisa menggunakan lokasi ruangan tersebut sebagai patokan.

Mengapa? Sebab, setiap lokasi ruangan di suatu rumah berkaitan dengan elemen tertentu. Elemen-elemen ini memiliki warna khas yang bisa Anda manfaatkan sebagai warna ruangan tersebut.

Hal tersebut juga berlaku untuk pemilihan warna ruang keluarga. Anda perlu mengetahui dulu di mana lokasi ruang keluarga, sehingga Anda bisa menentukan warna yang tepat.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Aturan Menggunakan Air Mancur di Rumah

Nah, kira-kira warna apa saja yang direkomendasikan feng shui untuk ruang keluarga? Berikut penjelasannya.

Ruang keluarga di sisi timur dan tenggara

Dalam feng shui, arah mata angin timur dan tenggara berkaitan dengan elemen kayu. Jadi, Anda dapat menggunakan warna-warna elemen kayu jika ruang keluarga Anda berada di sisi timur atau tenggara.

Melansir Magic Bricks, beberapa warna khas elemen kayu yang bisa Anda gunakan adalah hijau dan coklat. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan warna elemen air seperti biru dan hitam untuk menguatkan elemen kayu di ruang keluarga.

Ruang keluarga di sisi selatan

Untuk ruang keluarga yang berada di sisi selatan, gunakan warna-warna elemen api, misalnya merah. Penggunaan warna ini akan membuat ruang keluarga terasa hidup dan energik.

Jika Anda merasa warna merah terlalu intens, coba gunakan variasi warna merah yang lebih cerah, misalnya warna oranye pucat. Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan warna-warna elemen kayu, yaitu hijau dan coklat.

Baca Juga: 3 Tips Feng Shui untuk Rumah Menghadap Selatan, Banyak Hoki!

Ruang keluarga di sisi barat daya dan timur laut

Arah barat daya dan timur laut berkaitan dengan elemen tanah. Jadi, jika ruang keluarga Anda terletak di kedua sisi tersebut, coba gunakan warna-warna earthy seperti coklat muda atau kuning.

Dilansir dari The Spruce, penggunaan warna-warna earthy yang hangat di ruang keluarga akan membantu memberikan kesan yang membumi dan membantu menyokong kehidupan Anda ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruang Keluarga yang Perlu Dihindari

Ruang keluarga di sisi barat dan barat laut

Untuk ruang keluarga yang terletak di sisi barat dan barat laut, Anda bisa menggunakan warna-warna yang berkaitan dengan elemen metal atau logam. Penggunaan warna-warna logam bisa memberikan kesan bersih dan fokus pada ruang keluarga.

Mengutip Love to Know, beberapa warna khas elemen logam yang bisa digunakan yaitu putih, abu-abu, emas, dan perak. Sebagai penguat dan aksen, gunakan warna-warna elemen tanah seperti coklat muda dan kuning.

Ruang keluarga di sisi utara

Jika ruang keluarga Anda terletak di sisi utara, gunakan warna-warna elemen air seperti hitam dan biru. Untuk menghindari kesan intens, coba gunakan warna biru atau abu-abu yang sedikit lebih muda.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan satu atau dua warna elemen logam untuk menguatkan elemen air di ruang keluarga. Atau, gunakan warna elemen kayu untuk mengimbangi elemen air.

Itulah beberapa rekomendasi warna feng shui yang bisa Anda gunakan pada ruang keluarga. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News