Bugar

Rekomendasi Menu Sarapan Sehat dan Enak untuk Program Diet

Rekomendasi Menu Sarapan Sehat dan Enak untuk Program Diet

MOMSMONEY.ID - Sarapan pagi saat program diet sering kali diabaikan. Banyak yang menganggap dengan tidak mengonsumsi sarapan pagi, maka diet akan lebih mudah untuk dilakukan.

Mengonsumsi sarapan pagi saat program diet bisa membuat keinginan untuk ngemil jadi lebih terkontrol. Oleh sebab itu, tetap mengonsumsi sarapan pagi bisa jadi kunci sukses diet.

Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi menu sarapan sehat dan enak ini untuk program diet Anda sebagi berikut: 

Baca Juga: Rasakan Manfaatnya! 5 Makanan Ini Kaya Sumber Protein Nabati Tinggi untuk Tubuh

Pisang

Rekomendasi menu sarapan sehat dan enak yang pertama adalah buah pisang. Jika Anda ingin sarapan dengan makanan yang alami tanpa bahan tambahan, Anda bisa mengonsumsi pisang. 

Buah tinggi serat dan karbohidrat ini dapat menjadi alternatif dari berbagai makanan sarapan instan yang manis, tinggi kalori, dan tinggi gula.

Pisang juga merupakan sumber pati resisten yaitu sejenis serat yang tidak bisa hancur dalam lambung dan usus halus.

Telur rebus

Rekomendasi menu sarapan sehat dan enak yang kedua adalah telur rebus. Telur mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat membuat Anda kenyang dan bertenaga hingga siang hari. 

Selain itu, kandungan selenium dan vitamin B12-nya juga membantu pembentukan energi dalam sel-sel tubuh Anda.

Untuk mendukung program diet Anda, hindari mengolah telur dengan menambahkan banyak lemak dari mentega atau minyak.

Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan sarapan yang sehat dan bermanfaat lainnya yang bisa Anda coba, terutama untuk Anda yang sedang diet. 

Produk olahan gandum ini kaya serat dan protein, tetapi dengan jumlah kalori yang rendah sehingga bisa membantu mengontrol berat badan.

Oatmeal juga mengandung sejenis serat yang disebut beta-glukan. Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan mengandung beta-glukan bisa membantu mengontrol nafsu makan.

Baca Juga: Rasakan 5 Manfaat Rutin Olahraga Ini Jika Dilakukan Secara Rutin

Olahan jamur

Rekomendasi menu sarapan sehat dan enak yang keempat adalah olahan jamur. Jika Anda ingin membuat sarapan sehat untuk diet, sebaiknya jangan lewatkan bahan yang satu ini.

Jamur merupakan makanan rendah kalori dan karbohidrat dengan kandungan serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan serat yang sangat tinggi.

Ada banyak olahan dari jamur yang bisa Anda coba, misalnya sup krim jamur, omelet jamur, dan roti panggang dengan tumis jamur, serta sebaiknya menghindari menggoreng.

Yogurt

Rekomendasi menu sarapan sehat dan enak yang terakhir adalah yogurt. Sudah bukan rahasia lagi kalau yoghurt memang berperan penting dalam mengontrol berat badan.

Bahkan New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makanan ini termasuk dalam ‘Top 5 Food for Weight Loss’.

Namun, saat membeli yoghurt, pilih plain yoghurt saja, ya, karena bebas gula dan kalorinya tidak akan mengganggu berat badan Moms. Tambahkan buah segar agar rasanya lebih nikmat.

Itulah beberapa rekomendasi menu sarapan sehat dan enak yang bisa dijadikan referensi saat menjalani program penurunan berat badan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News