HOME, Keluarga

Rekomendasi Jenis Makanan untuk Kelici Peliharaan yang Baik dan Bergizi

Rekomendasi Jenis Makanan untuk Kelici Peliharaan yang Baik dan Bergizi

MOMSMONEY.ID - Kelinci merupakan hewan herbivora. Artinya, kelinci hanya dapat memakan makanan yang berasal dari tanaman dan biji-bijian. Namun, kelinci memiliki sistem pencernaan yang kompleks. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan betul-betul pemilihan makanan untuk kelinci agar sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.

Mereka juga memiliki kebutuhan diet yang sangat spesifik. Diet kelinci peliharaan dapat berupa sayuran berdaun hijau. Namun, dilansir dari Rabbit.org, banyak tanaman yang mengandung bahan kimia alami yang disebut alkaloid, yang merupakan racun ringan yang melindungi tanaman di alam liar. Ini tidak akan berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah kecil dan tepat. Untuk membantu Anda memilih pakan untuk kelinci, berikut 5 jenis makanan bergizi untuk kelinci peliharaan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan Manusia Ini Aman untuk Diberikan ke Kucing

Pelet

Pelet yang dikhususkan untuk kelinci merupakan asupan dengan komposisi yang tepat. Pelet ini dapat menjadi makanan pendukung nutrisi karena mengandung tambahan kalsium dan vitamin. Bahan bakunya berupa tepung dedak, tepung jagung, sayuran atau jerami, serta mineral premik. Namun, pastikan pelet mengandung serat. Pelet juga perlu diimbangi dengan sayuran lain.

Cara memberinya, dilansir dari RSPCA, berikan sekitar 1 sendok makan/kg pelet dengan minimum serat kasar >18% (kandungan serat  yang tidak dapat dicerna >12%) (tidak lebih dari 5% dari keseluruhan diet) dan pastikan pelet diformulasikan untuk kelinci peliharaan/domestik dan bukan untuk kelinci ternak. Takaran ini untuk satu ekor.

Jerami atau Rumput Kering

Jerami atau rumput kering adalah asupan yang baik karena mengandung vitamin A, vitamin D, kalsium, protein, dan nutrisi lainnya. Jerami rumput bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan gigi kelinci. Anda dapat memberikan jenis jerami seperti timothy, orchard, atau brome. Namun, jerami alfalfa tidak dianjurkan untuk kelinci dewasa karena terlalu kaya protein dan tinggi kalsium yang melebihi kebutuhan rata-rata kelinci rumahan.

Baca Juga: Aturan Dalam Memberikan Makanan kepada Kelinci Peliharaan

Sayuran

Selain jerami, sayuran segar juga baik diberikan kepada kelinci minimal dua hari sekali. Ini dapat menjadi variasi pola makanan yang baik. Sayuran yang sangat baik untuk kelinci adalah sayuran berdaun gelap seperti selada romaine, bok choy, sawi, wortel, daun ketumbar, selada air, kemangi, kohlrabi, sayuran bit, dan sayuran brokoli. Wortel sebenarnya tidak begitu baik untuk diberikan terus-menerus karena karbohidratnya cukup tinggi dan dapat mengganggu flora bakteri saluran cerna.

Buah-Buahan

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga dapat menjadi makanan penyeimbang agar kelinci selalu mendapatkan nafsu makannya. Jika kelinci Anda sudah gemuk, buah tidak boleh diberikan lebih dari 10% dari diet (sekitar 1 sendok teh per 2 pon berat badan per hari). Normalnya, Anda dapat memberikan salah satu jenis buah untuk kelinci dua kali dalam satu minggu. Buah-buahan yang aman dapat berupa apel, melon, papaya, pir, pisang, belimbing, kismis, manga, dan nanas.

Air

Kelinci memang tidak selalu minum, tetapi air tawar matang yang bersih sangat dibutuhkan kelinci bagaimana pun juga. Anda dapat memberikan air minum ke dalam mangkuk atau botol minum. Sediakan air minu ini selama 24 jam. 

Selanjutnya: 5 Alasan Kucing Suka Menjilati Tubuhnya, Yuk Cari Tahu di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News