HOME, Keluarga

Rekomendasi 6 Tanaman Terapung Terbaik untuk Akuarium

Rekomendasi 6 Tanaman Terapung Terbaik untuk Akuarium

MOMSMONEY.ID - Kalau Anda memiliki ikan peliharaan di dalam akuarium, mungkin juga tertarik untuk menambahkan tanaman hidup di dalamnya.

Menambahkan tanaman air bisa menjadi ide yang baik karena membuat habitat ikan menjadi lebih alami. Tanaman air mungkin juga mengandung invertebrate yang lezat untuk dimakan ikan.

Namun, pastikan bahwa tangki akuarium Anda dapat mendukung pertumbuhan tanaman dengan baik melalui amonia yang dihasilkan ikan, yang diubah oleh filtrasi biologis menjadi nitrat atau pupuk tanaman yang aman untuk ikan.

Ada beberapa jenis tanaman terapung terbaik untuk akuarium. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut enam di antaranya.

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias yang Dapat Menghalau Nyamuk

Duckweed

Duckweed

Duckweed adalah tanaman yang sangat umum dijumpai di kolam-kolam ikan, tetapi bukan berarti ini tak bisa tumbuh di akuarium. Hanya dibutuhkan sedikit sel tanaman dan mereka akan bereproduksi dengan cepat di sistem air.

Java Moss

Java Moss

Java moss sudah lama menjadi pilihan untuk menghias tangki aquascape. Tanaman ini biasanya terkait dengan budidaya di kayu apung dan batu. Namun, mereka dapat mengapung bebas di seluruh akuarium.

Java moss juga tidak tumbuh terlalu cepat dibanding tanaman lainnya, sehingga lebih mudah dikontrol pertumbuhannya. Namun, tanaman ini sering tumbuh menutupi substrat dan dekorasi air lainnya seperti lumut.

Limnobium

Limnobium Leavigatum

Limnobium laevigatum memiliki bentuk semanggi air. Tumbuhan ini membentuk roset dengan akar yang relatif pendek. Tanaman ini secara umum dapat memberikan penutup naungan yang cukup besar, jadi berhati-hatilah bila Anda memiliki tanaman mengapung lainnya. Sebab, tanaman lain, mungkin juga ikan akan sulit mendapatkan sinar matahari untuk hidup.

Pegagan (Pennywort)

Pennywort

Pegagan atau pennywort berasal dari lahan basah Asia. Bentuknya kecil seperti daun teratai dan terkadang digunakan dalam masakan. Pennywort brasil juga merupakan pilihan tanaman apung yang sama populernya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Kolam Ikan di Rumah? Simak Tipsnya di Sini

Wisteria Air

Wisteria Air

Wisteria air dapat tumbuh sangat besar dan berpotensi memenuhi akuarium. Namun, ini adalah tanaman mengapung air yang sangat baik dan dapat ditanam di substrat. Wisteria juga tumbuh menyamping dan memanjang ke area akuarium lainnya.

Hornwort

Hornwort

Hornwort atau biasa juga dikenal dengan lumut tanduk, juga populer dipilih karena estetika dan kemudahannya untuk dibudidaya. Tanaman air ini dapat ditanam di bawah substrat, tetapi juga dapat dibiarkan mengambang bebas begitu saja di akuarium. Mereka dapat tumbuh dengan cepat dan memerlukan pemangkasan rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News