Keluarga

Rekomendasi 6 Jenis Kopi Susu yang Manis, Cocok Bagi Peminum Kopi Pemula

Rekomendasi 6 Jenis Kopi Susu yang Manis, Cocok Bagi Peminum Kopi Pemula

MOMSMONEY.ID - Pada artikel ini, MomsMoney hadirkan rekomendasi 6 jenis kopi susu yang manis, cocok bagi peminum kopi pemula.

Apakah Anda peminum kopi pemula yang belum kuat menyantap kopi pahit? Anda harus belajar minum kopi mulai dari kopi yang manis, salah satunya kopi susu.

Ada begitu banyak jenis kopi susu yang punya cita rasa manis. Nah, berikut ini MomsMoney hadirkan rekomendasi beberapa jenis kopi susu bercita rasa manis khusus untuk Anda peminum kopi pemula.

Dirangkum dari laman Whole latte love dan webstaurants, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Penggemar Kopi Wajib Simak, Ini 4 Alasan Harus Minum Air Putih Sebelum Minum Kopi

Latte

Latte adalah jenis kopi susu yang paling popular. Latte mengandung 60 ml espresso (setara dengan 4 sdm) berbanding 296 ml susu kukus atau steamed milk (setara dengan 20 sdm).

Takaran susu yang tinggi dan ukuran minumannya yang besar menjadikan jenis kopi susu ini popular di kalangan pasar, terutama untuk penggemar kopi pemula yang menyukai kopi manis.

Latte bisa disajikan dengan rasa polos (espresso dengan susu saja) ataupun dengan suntikan rasa vanilla agar lebih enak.

Baca Juga: Anda Penggemar Kopi? Simak 4 Cara Bikin Kopi Seenak Buatan Kafe

Flat White

Jenis Kopi Susu: Flat White

Flat white adalah salah satu minuman kopi yang tergolong ke dalam jenis kopi susu. Flat White sendiri sangat popular di wilayah Selandia Baru & Australia.

Kopi susu Flat White dibuat mirip Latte dengan bahan espresso & susu kukus yang sama, namun rasionya berbeda. Rasio susu pada Flat White lebih sedikit dibandingkan Latte.

Rasa kopi pada Flat White juga cenderung lebih kuat daripada Latte karena kandungan espressonya yang lebih pekat dan tidak terlalu encer sehingga tak akan begitu menyatu dengan susu kukus.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Minuman Kopi Ala Kafe yang Paling Sering Dibeli

Cappuccino

Jenis Kopi Susu: Cappuccino

Cappuccino adalah minuman tradisional dari Italia. Cappuccino merupakan jenis kopi susu yang manis dan paling terkenal di seluruh dunia.

Cappuccino terkenal akan buih putih halus dengan sedikit taburan cokelat pada bagian atas gelas. Inilah yang membuatnya unik dan sangat digilai orang-orang.

Takaran pembuatan cappuccino si kopi susu ini adalah 1:1:1 yang terdiri atas espresso, susu kukus, dan buih putih.

Buih putih itu sendiri berasal dari susu yang dikocok oleh mesin pengucok hingga pada titik tertentu menimbulkan buih halus.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Macchiato

Jenis kopi susu selanjutnya adalah Macchiato. Macchiato sendiri memiliki arti “tanda” atau “noda”. Secara harfiah, “macchiato” berarti suntikan espresso yang ditandai dengan sesendok susu.

Minuman kopi susu Macchiato berbasis espresso dengan buih putih. Perbandingan antara espresso dengan buih putih adalah 1:1.

Rasio pembuatan macchiato si kopi susu lezat ini adalah: 1 shot espresso (25-30 ml setara dengan 2 sdm) + 1-2 sendok teh susu kukus.

Penting diketahui bahwa macchiato pada minuman tradisional Italia menggunakan susu lebih sedikit daripada macchiato versi Amerika Utara.

Jika versi Italia, kopi susu Macchiato ini menggunakan buih putih sehingga kandungan susunya lebih sedikit. Sementara di Amerika Utara, kopi susu Macchiato menggunakan 1-2 sdt susu.

Baca Juga: 4 Jenis Roasting Kopi yang Bikin Rasa Pada Kopimu Berbeda-beda

Cortado

Jenis Kopi Susu: Cortado

Jenis kopi susu selanjutnya adalah Cortado. Cortado merupakan minuman kopi susu yang mirip dengan macchiato, namun dalam versi kopi dengan susu yang lebih seimbang.

Jika Macchiato memiliki rasa kopi yang lebih pekat daripada susunya, maka Cortado punya rasa yang pas karena rasio susu & espresso yang sama dengan tujuan untuk mengurangi rasa asam.

Rasio kopi susu macchiato adalah 1 shot espresso (25-30 ml setara dengan 2 sdm) + 2 sdm susu panas + 1 cm buih putih.

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Mocca

Jenis Kopi Susu: Mocha

Mocca adalah jenis kopi susu dengan tambahan rasa manis dari sirup cokelat atau bubuk kakao. Mocca juga memiliki buih putih seperti cappuccino.

Baca Juga: Hangatkan Tubuhmu dengan 7 Jenis Minuman Wedang yang Ada di Nusantara

Kopi susu Mocca terdiri atas espresso, saus cokelat, buih putih, dan susu kukus dengan rasio 1 shot espresso (25-30 ml) + 60 ml sirup coklat/bubuk kakao (setara dengan 4 sdm) + 60-90 ml susu kukus + 2-3 cm buih putih atau whipped cream.

Cokelat ditambahkan ke dalam susu kukus sebelum susu dikocok dengan alat khusus dan berubah menjadi buih putih.

Itulah beberapa rekomendasi jenis-jenis kopi susu bagi peminum kopi pemula yang gemar minum kopi manis. Jadi, Anda tak perlu bingung lagi saat ingin memesan jenis kopi susu di coffeeshop ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News