Santai

Rekomendasi 5 Film Tentang HIV/AIDS, Cocok Ditonton Saat Hari AIDS Sedunia

Rekomendasi 5 Film Tentang HIV/AIDS, Cocok Ditonton Saat Hari AIDS Sedunia

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa rekomendasi film yang memiliki tema tentang HIV/AIDS berikut ini.

Memperingati Hari AIDS Sedunia yang diperingati tanggal 1 Desember setiap tahun, ternyata ada beberapa judul film yang bisa ditonton.

Terutama, bagi yang ingin mengetahui betapa bahayanya penyakit HIV/AIDS, beberapa pilihan film ini bisa ditonton:

Baca Juga: 4 Film Terbaru Netflix Siap Tayang di Minggu Awal Desember 2022

Dallas Buyers Club

Film dari tahun 2013 ini merupakan film biografi Ron Woodroof, yang merupakan salah satu pria dengan AIDS. Kisahnya mengikuti Ron Woodroof yang memperjual belikan obat AIDS secara ilegal dan belum lulus uji farmasi di tahun 1980-an.

Film ini juga menampilkan fakta bahwa HIV/AIDS juga rentan menyerang kaum heteroseksual. Sebab pada tahun tersebut, penyakit ini dikaitkan dengan kaum LGBT.

Mika

Merupakan film dari Indonesia yang dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Velove Vexia, film dari tahun 2013 ini mengisahkan tentang perjuangan kisah cinta dua orang yang berbeda kepribadian. Indi adalah merupakan siswi yang dunianya berubah setelah ia didiagnosis menderita skoliosis.

Suatu hari ia bertemu dengan Mika, seorang pria berani, positif, dan santai yang menguatkan hati Indi. Semakin jatuh cinta satu sama lain, dunia keduanya kemudian seakan terpisah jauh ketika rahasia bahwa Mika menderita AIDS terungkap.

Baca Juga: 40 Kartu Ucapan Selamat Hari AIDS Sedunia 2022, Bisa Pakai Kata-Kata Inspiratif Ini

The Normal Heart

Dibintangi oleh Mark Ruffalo dan digarap oleh sutradara Ryan Murphy, film ini juga mengangkat tema tentang HIV/AIDS. Di awal tahun 1980-an, tingkat penyebaran kasus HIV/AIDS di New York meningkat tajam.

Namun, pemerintah dan masyarakat bersikap acuh pada epidemi ini. Dengan bantuan para aktivis, mereka mencoba untuk melakukan sosialisasi mengenai bahayanya penyakit ini.

Philadelphia

Film dari tahun 1993 ini mengikuti kisah seorang pengacara dengan HIV yang juga masuk dalam kelompok LGBT. Ia berusaha sekuat tenaga untuk menutupi status dirinya tersebut hingga kemudian terungkap.

Setelahnya, ia pun tentu mendapat diskriminalisasi dari tempat kerjanya. Namun tak menyerah, ia tetap berusaha untuk mencari keadilan dan perhatian pemerintah serta orang-orang terhadap HIV/AIDS.

Bohemian Rhapsody

Menjadi film yang populer di tahun 2018, Bohemian Rhapsody merupakan film biografi dari Freddie Mercury. Ia merupakan musisi dari band Queen sekaligus penderita HIV/AIDS.

Film ini menampilkan usaha Freddie dalam memperjuangkan karyanya, hubungannya dengan keluarga, serta hubungan cintanya yang tak kalah fenomenal. Hingga kemudian ia meninggal dalam usia muda dan dunia musik kehilangan salah satu musisi terbaiknya.

Nah, itu tadi adalah film tentang HIV/AIDS yang bisa ditonton jika ingin mengetahui tentang penyakit berbahaya yang belum ada obatnya ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News