HOME, Keluarga

Rekomendasi 5 Aktivitas Olahraga untuk Anjing Peliharaan

Rekomendasi 5 Aktivitas Olahraga untuk Anjing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh anjing tetap sehat dan bugar adalah berolahraga. Olahraga dapat membantu anjing peliharaan Anda tetap mengontrol berat badan mereka, mencapai kondisi tubuh yang ideal, membangun energi, mempertahankan sistem kardivaskular, dan kekebalan yang kuat.

Rutinitas olahraga ini tak hanya bertujuan untuk menyehatkan mereka, tetapi juga memunculkan kesenangan dan mencegah kebosanan mereka. Ada banyak aktivitas menyenangkan dan mudah dilakukan untuk mengajak anjing peliharaan Anda berolahraga.

Dilansir dari The Spruce Pets, ini 5 aktivitas olahraga untuk anjing peliharaan.

Baca Juga: Suka Anjing yang Berbulu Lebat? Intip Apa Saja Jenis-Jenis Rasnya, yuk!

Jalan-Jalan Santai

Anjing Jalan-Jalan

Jalan-jalan santai merupakan aktivitas yang klasik untuk diberikan kepada anjing peliharaan. Ini tidak terlalu melelahkan untuk Anda, tetapi tetap membuat anjing beraktivitas dan mereka senang. Jalan-jalan santai akan memberi anjing banyak kesempatan untuk menjelajahi dunia dengan hidungnya. Tak perlu terburu-buru menyelesaikan aktivitas ini. Biarkan anjing Anda mencium hal-hal yang ditemuinya dan cobalah untuk mengambil rute berbeda sesering mungkin.

Berlari

Anjing Berlari

Beberapa anjing memerlukan aktivitas olahraga yang cukup ketat. Dalam hal ini, berlari adalah aktivitas yang direkomendasikan. Anda dapat ikut serta berolahraga dengan anjing Anda. Saat pertama kali memulainya, pastikan untuk memulainya dengan perlahan dan meningkatkan kecepatan hingga kecepatan yang lebih tinggi.

Namun, hindari berlari saat cuaca panas, terutama di landasan aspal pada siang hari karena dapat membakar kaki anjing.

Lintas Alam

Anjing Mendaki Gunung

Jika Anda menyukai alam, Anda dapat mengajak anjing Anda untuk hiking bersama. Ini akan menjadi pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan bagi Anda dan anjing untuk menjelajahi alam bersama sambil berolahraga. Ketika Anda pertama kali memulai hiking dengan anjing, mulailah dengan hiking singkat di hari yang lebih dingin.

Hindari jalur yang sulit dan bermedan kasar sampai anjing Anda benar-benar terbiasa dengan pendakian. Bawalah banyak air selama pendakian karena anjing akan sangat membutuhkannya.

Baca Juga: Ketahui Kebutuhan Nutrisi Apa Saja Anjing Peliharaan dari Makanannya

Berenang

Anjing Berenang

Saat cuaca sedang panas, ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk mengajak anjing peliharaan Anda berolahraga di kolam renang. Berenang adalah cara yang menyenangkan untuk anjing berolahraga karena mereka bisa bermain air yang segar.

Anda juga dapat menggabungkan permainan lain seperti lempar tangkap di dalam kolam agar lebih menyenangkan. Kendati demikian, tak semua anjing bisa berenang, sehingga Anda perlu mengajarinya perlahan-lahan.

Melakukan Permainan

Anjing Golden Retriever

Permainan biasa yang Anda lakukan bersama anjing, seperti lempar tangkap juga merupakan aktivitas olahraga yang ringan. Permainan juga merupakan bentuk stimulasi mental yang baik untuk anjing Anda. Anda juga dapat melakukan permainan sederhana lain seperti petak umpet, tarik tambang, dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News