HOME, Bugar

Rekomendasi 3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Bulan Puasa

Rekomendasi 3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Bulan Puasa

MOMSMONEY.ID - Olahraga tetap bisa dilakukan saat berpuasa. Namun, tak semua jenis olahraga bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi dan kelelahan tubuh.

Contohnya apabila Anda mengonsumsi banyak karbohidrat kompleks, maka Anda diperbolehkan berolahraga berat. Namun apabila asupan karbohidrat Anda lebih sedikit, disarankan untuk berolahraga yng ringan saja.

Baca Juga: Bolehkah Berolahraga di Bulan Puasa? Simak Cara Aman Berolahraga Saat Sedang Berpuasa

Lantas, apa saja daftar olahraga yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa? Dirangkum dari Prospect Medical dan Mind Body Green Movement, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 7 Langkah Tetap Terhidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan

Berjalan kaki

Jogging

Baca Juga: 8 Makanan yang Mengandung Air, Tetap Terhidrasi Meski Sedang Berpuasa

Berjalan kaki, terutama berjalan cepat, merupakan bentuk olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa.

Berjalan kaki saat sedang puasa tidak hanya membuat badan jadi tetap sehat, tapi juga membuat pikiran jadi tidak mudah stress.

Saat perut sedang kosong, berjalan kaki membuat tubuh memotong lemak sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk diet.

Disarankan berjalan kaki menjelang berbuka puasa selama 20-30 menit.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini 4 Makanan yang Mengandung Endorfin, Bikin Mood Bahagia!

Angkat beban

Saat sedang berpuasa, salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan mengangkat beban untuk mempertahankan massa otot pada tubuh Anda.

Angkat beban merupakan olahraga yang menggunakan kekuatan, sehingga Anda perlu asupan karbohidrat yang banyak saat sedang makan sahur dan saat berbuka puasa.

ILUSTRASI PUSAT KEBUGARAN

Baca Juga: Tips Pintar Pilih Sayur dan Buah yang Masih Segar, Sudah Tahu Belum?

Fokuslah pada olahraga angkat beban yang menggerakkan seluruh tubuh daripada yang hanya menggerakkan 1 bagian tubuh saja.

Namun usahakan jangan dilakukan pada pagi atau siang hari agar tubuh tidak lemas seharian. Olahraga angkat beban sangat baik dilakukan setelah shalat tarawih. Pastikan juga bahwa Anda telah mengonsumsi makanan yang cukup dan minum yang banyak untuk mencegah tubuh kelelahan.

Yang paling penting, untuk bisa melakukan olahraga berat seperti angkat beban, pastikan bahwa Anda tidak memaksakan diri untuk berolahraga saat tengah kelelahan.

Baca Juga: Menjelang Bulan Puasa, Ini 7 Tips Tetap Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Yoga dan Pilates

Yoga

Baca Juga: Rekomendasi 3 Resep Takjil Jagung Nikmat untuk Menu Berbuka Puasa

Yoga dan pilates merupakan contoh olahraga yang intensitasnya rendah. Berolahraga dengan intensitas yang rendah bisa Anda lakukan ketika energi dalam tubuh terasa lebih rendah.

Yoga dan pilates juga merupakan contoh olahraga yang cocok dilakukan pada awal-awal waktu puasa, supaya tubuh dapat menyesuaikan dengan kondisi saat sedang puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News