HOME, Bugar

Redakan Anosmia dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Redakan Anosmia dengan Bahan-Bahan Alami Ini

MOMSMONEY.ID - Anosmia merupakan kondisi hilangnya sebagian atau seluruh kemampuan indra penciuman. Belakangan kondisi ini banyak ditemukan pada beberapa pasien Covid-19. 

Dilansir dari Healthline, cara mengatasi hilangnya kemampuan indra penciuman tergantung pada penyebabnya. Bisa dilakukan melalui bantuan medis maupun perawatan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

1. Minyak kayu putih

Meredakan anosmia bisa dilakukan dengan cara menghirup aroma yang kuat. Salah satu sumber wewangian dengan aroma kuat yang adalah minyak kayu putih.

Agar dapat membantu pemulihan anosmia, selama menghirup bau, penderita anosmia harus mengingat bau asli dari minyak kayu putih, sehingga bisa membantu merangsang penciuman. Ini bisa dilakukan 2-3 kali sehari.

Baca Juga: Mitos Tentang Makanan yang Menyembuhkan Covid-19

2. Minyak jarak

Cara mengobati anosmia berikutnya adalah dengan menghirup aroma minyak jarak. Minyak jarak digunakan sejak lama untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang. Hal ini tidak lepas dari kandungan asam risinoleat di dalamnya.

Asam risinoleat dapat mendukung upaya melawan infeksi. Zat ini juga berfungsi mengurangi peradangan saluran hidung yang disebabkan oleh pilek dan alergi

3. Jahe

Jahe punya aroma khas dan menyengat. Oleh karena itu, air jahe untuk melatih kemampuan indra penciuman. Minum air jahe, secara alami dapat meredakan peradangan saluran pernapasan hidung.

Air jahe juga bermanfaat mengurangi lendir berlebih yang menyumbat saluran hidung dan sebabkan hilangnya penciuman.

Baca Juga: Luar Biasa! 5 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh

4. Larutan garam

Larutan garam dapat menjadi bahan alami untuk mengobati anosmia karena alergi dan hidung tersumbat. Masih dikutip dari Healthline, larutan garam dapat mengeluarkan lendir dan alergen yang menyumbat rongga hidung.

Cara mengatasi anosmia menggunakan larutan garam adalah dengan menyemprotkan cairan tersebut ke dalam hidung. 

Yang terpenting adalah jangan panik dan lakukan prosesnya sebagai upaya penyembuhan alami sekaligus relaksasi. 

Selanjutnya: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News