CLOSE [X]
ads

Rayakan Natal dengan Tradisi Secret Santa, Yuk! Begini Aturan Mainnya

Reporter: Christ Penthatesia
Rabu, 22 Desember 2021 | 08:31 WIB
Rayakan Natal dengan Tradisi Secret Santa, Yuk! Begini Aturan Mainnya

ILUSTRASI. Tradisi tukar kado Secret Santa menjadi salah satu tradisi Natal populer yang dilakukan di seluruh dunia.


MOMSMONEY.ID - Merayakan Natal dan serangkaian tradisinya merupakan salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan bagi yang merayakannya.

Tradisi Natal yang kini mulai digemari adalah tradisi perayaan tukar kado yang bernama Secret Santa.

Secret Santa menurut Wikipedia adalah salah satu tradisi Natal yang dilakukan oleh orang-orang Barat. Namun, kini banyak orang-orang yang mengadopsi tradisi ini sebagai tradisi Natal mereka.

Baca Juga: Stories of A Generation-With Pope Francis, Serial Dokumenter Netflix Tayang Natal Ini

Kegiatan ini kerap dilakukan oleh kelompok besar atau yang berjumlah lebih dari dua orang. Nantinya kegiatan sekelompok orang ini akan diberikan tugas untuk memberikan kado Natal kepada anggota lain secara acak atau random.

Namun sesuai dengan namanya, hal tersebut harus dilakukan dengan diam-diam atau rahasia. Nama pemberi kado pun tidak boleh sampai ketahuan oleh penerimanya saat bertukar kado.

Secara tradisional, cara melakukan tradisi Secret Santa menurut laman Elfster adalah dengan membuat undian berisikan nama-nama anggota yang terlibat dalam tradisi tukar kado rahasia ini.

Undian yang berisikan nama bisa ditulis oleh masing masing atau satu orang saja. Pilihan untuk menambahkan wish list kado Natal pada lembar undian juga bisa digunakan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Film Natal yang Menarik untuk Ditonton Menjelang Natal

Setelah selesai membuat undian nama, kegiatan yang paling seru bisa langsung dilakukan. Seluruh pemain akan diminta untuk mengambil undian yang berisikan nama orang yang harus dibelikan kado Natal.

Dalam jangka waktu yang diberikan secara bebas, semua peserta bisa langsung memulai untuk berburu kado. Tentunya hingga saat acara bertukar kado tiba yaitu saat Natal atau tanggal lain yang telah disepakati.

Nantinya kado kado Natal tersebut bisa dijadikan satu atau disembunyikan. Ketika sudah mendapatkan kado, penerima diwajibkan untuk menebak siapa Secret Santa yang memberikan kado kepadanya tersebut.

Dengan semakin berkembangnya jaman, kini undian permainan Secret Santa bisa dilakukan secara online melalui website yang menyediakan layanan permainan ini.

Peraturan yang digunakan untuk melakukan tradisi Secret Santa ini pun juga fleksibel dan bisa diadopsi ke berbagai perayaan selain Natal yang tentunya disesuaikan dengan kesepakatan yang telah disepakati pesertanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru