Bugar

Rawat Wajah dan Rambut, Inilah 4 Manfaat Pare untuk Kecantikan

Rawat Wajah dan Rambut, Inilah 4 Manfaat Pare untuk Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Suka mengonsumsi pare? Pare dikenal dengan buah yang memiliki rasa pahit, tetapi banyak manfaatnya untuk tubuh. Pada kecantikan, pare mampu merawat kulit wajah dan rambut. Pare mengandung banyak vitamin dan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin C, E, Antioksidan, Betakaroten dan lain-lain.

Oleh karena itu, pare sering dijadikan masker atau minuman jus agar khasiatnya dapat dirasakan. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, simak penjelasan tentang manfaat pare untuk wajah dan rambut, yaitu: 

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat pertama pare untuk wajah adalah bisa mengencangkan kulit wajah. Mendapatkan kulit wajah kencang tidak diperoleh secara mudah, tetapi dengan melakukan beberapa perawatan dan mengonsumsi makanan yang sehat. Pare mengandung vitamin E dan antioksidan, sehingga dipercaya mampu membantu kulit menjadi kencang. 

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam pare bisa menghilangkan kerutan, membuat kulit wajah lebih cerah dan juga halus. Anda bisa menggunakan pare ini sebagai masker wajah dengan menghaluskan beberapa iris buah pare lalu aplikasikan ke wajah.

2. Menghilangkan Jerawat

Selanjutnya, pare juga bisa menghilangkan jerawat. Pare mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kulit wajah. Berkat kandungan di dalamnya, pare mampu menjaga kulit agar tetap sehat dan menghilangkan jerawat di kulit wajah. Hal ini akan menghasilkan kulit wajah tampak sehat dan bersinar secara alami.

Anda bisa mengatasi jerawat dengan meminum jus pare atau membuat masker dari buah pare. Caranya cukup mudah, ambil pare segar, lalu belah dan buang bijinya. Potong menjadi beberapa bagian lalu blender hingga halus. Peras airnya untuk diminum dan ampasnya bisa ditempelkan diwajah sebagai masker.

Baca Juga: Khusus Indodana, Nikmati Hotel dan Aktivitas Mister Aladin Cashback 50% + Cicilan 0%

3. Mengatasi Masalah Kulit Kepala

Manfaat pare untuk kesehatan rambut adalah mampu mengatasi kulit kepala yang gatal dan berketombe. Vitamin C dan betakaroten yang ada di dalam pare mampu menutrisi kulit kepala dan membantu menangkal ketombe yang berada di kulit kepala. 

Selain itu, pare juga bisa membantu menyuburkan dan menghitamkan rambut secara alami. Mengatasi kulit kepala gatal dan berketome dengan pare tidak sulit. Gosok sepotong pare di atas kulit kepala dan pijat dengan gerakan melingkar kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk mengurangi rasa gatal, lakukan perawatan rambut dengan campuran pare dan alpukat atau pisang sebagai masker. Lakukan cara ini minimal seminggu sekali untuk menyingkirkan gatal pada kulit kepala.

4. Mengatasi Rambut Berminyak, Kasar dan Kusut

Manfaat pare untuk rambut lainnya, yaitu mengatasi rambut berminyak, kasar dan kusut. Cara mengaplikasinya, campurkan jus pare dan cuka apel untuk menghilangkan kelebihan minyak pada rambut. Selain mengatasi rambut berminyak, pare juga dapat mengatasi masalah rambut yang kasar dan kusut.

Caranya, yaitu buat jus pare lalu dioleskan pada rambut selama 10 sampai 15 menit, kemudian di bilas. Cara ini akan membantu memperbaiki tekstur rambut, membuatnya lebih lembut dan mengkilap. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News