Bugar

Rawat Kulit Kombinasi dengan Pemakaian Produk Skincare Ini, Apa Saja?

Rawat Kulit Kombinasi dengan Pemakaian Produk Skincare Ini, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Seperti yang banyak diketahui, kulit kombinasi adalah gabungan dari jenis kulit wajah seperti kulit berminyak yang terletak di daerah T-zone dengan kulit kering, normal atau sensitif di daerah pipi.

Mengutip dari olay.co.id, jika Anda berusia 20-30 tahun maka kulit kombinasi cenderung lebih sulit untuk diatur terutama selama menstruasi.

Kulit kombinasi cukup sulit dirawat karena membutuhkan keseimbangan untuk mengatur daerah mana yang berminyak tanpa menghilangkan kelembaban dari bagian yang lebih kering dari wajah.

Oleh sebab itu, Anda perlu memahami cara merawat kulit kombinasi dengan bantuan produk-produk skincare. Melansir dari olay.co.id, simak cara merawat kulit kombinasi dengan produk skincare:  

1. Pembersih khusus kulit kombinasi

Cara merawat kulit kombinasi pertama adalah pilih produk pembersih yang dibuat khusus untuk kulit kombinasi. Hal ini supaya dapat membantu menghapus riasan, kotoran dan minyak tanpa mengeringkan daerah lain di wajah Anda. Produk pembersih yang dimaksud seperti sabun wajah dan micellar water. 

2. Gunakan toner

Selanjutnya, Anda perlu menggunakan toner untuk merawat kulit kombinasi. Piihlah toner yang mengandung witch hazel pada bagian yang lebih berminyak di wajah Anda sehingga membantu menghilangkan minyak berlebih pada permukaan kulit.

Baca Juga: Kenali 4 Tanda Kulit Wajah Sedang Iritasi yang Harus Anda Tahu

3. Perlindungan dengan sunscreen

Cara merawat kulit kombinasi selanjutnya adalah perlindungan dengan sunscreen. Menggunakan sunscreen sangat penting untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kombinasi. Susncreen dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, kemudian pilihlah susncreen yang mengandung minimum SPF 15. Oleskan secara lembut di wajah, leher dan daerah leher.

4. Eksfoliasi

Berikutnya, sebuah pelembab yang mengandung alpha hydroxy acids yang dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati, menjaga pori-pori agar tetap terbuka serta mencegah setiap daerah yang kering dari pengelupasan.

5. Gunakan pelembab

Cara merawat kulit kombinasi terakhir dengan menggunakan pelembab di malam hari. Anda akan mendapatkan keuntungan dari menggunakan dua jenis pelembab. Gunakan pelembab yang lebih ringan, bebas minyak pada daerah kulit yang sering berminyak serta jaga agar daerah yang kering tetap tetap terhidrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News