HOME, Keluarga

Rawan Berdebu, Simak Tips Membersihkan dan Merawat Gorden di Rumah

Rawan Berdebu, Simak Tips Membersihkan dan Merawat Gorden di Rumah

MOMSMONEY.ID - Gorden atau tirai merupakan salah satu benda yang hampir selalu ditemukan tergantung di jendela-jendela suatu rumah.

Fungsinya? Tentu saja untuk menutupi jendela dan membantu melindungi penghuni rumah dari berbagai hal, mulai dari sinar matahari hingga pandangan orang di luar rumah.

Supaya gorden yang Anda gunakan di rumah selalu awet dan terlihat menawan, gorden tersebut perlu dibersihkan dan dirawat dengan baik. Sebagai bonus, gorden yang bersih akan membantu menjaga kualitas udara di rumah karena debu tidak banyak bertumpuk di sana.

Nah, kira-kira apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat gorden? Berikut tipsnya.

Baca Juga: 4 Trik Menghilangkan Bau Asap di Rumah, Mudah Dilakukan!

Bersihkan debunya secara rutin

Karena digantung di jendela rumah, gorden rentan menjadi tempat penumpukan debu dari dalam dan luar rumah. Jika jarang dibersihkan, gorden bisa menjadi sumber utama penyebaran debu dan kotoran sehingga mengotori udara dan memicu alergi.

Melansir laman bhg.com, sempatkan untuk mengibas-ibaskan kain gorden setiap hari untuk merontokkan debu yang menempel. Lalu, bersihkan debu pada kain gorden dengan lebih menyeluruh dengan vacuum cleaner atau sikat berbulu lembut, minimal sebulan sekali.

Periksa label pada gorden

Gorden terbuat dari bahan kain yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlakuannya pun harus berbeda karena tidak semua jenis kain cocok dibersihkan dengan cara tertentu.

Misalnya, gorden yang terbuat dari kain linen atau katun umumnya lebih cocok dibersihkan dengan metode dry clean. Oleh karena itu, selalu periksa label pada gorden untuk melihat seperti apa cara yang tepat untuk membersihkan gorden tersebut.

Baca Juga: Lantai Masih Terasa Kotor Setelah Dipel? Mungkin Ini Penyebabnya

Cuci secara terpisah

Dikutip dari laman Carpet Cleaning Kings, sebaiknya cuci kain gorden secara terpisah dan jangan digabungkan dengan pakaian kotor lainnya, terutama jika ingin mencucinya di mesin cuci.

Sebab, selain menghindari kelunturan dari pakaian lain, kain gorden cenderung lebih tebal dan berat dibandingkan kain pakaian biasa. Dengan mencuci gorden secara terpisah, drum mesin cuci tidak akan kepenuhan sehingga gorden bisa dibersihkan dengan maksimal.

Baca Juga: Tak Selalu Nyaman, Intip Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Rumah Besar

Hindari menggunakan pengering

Jika Anda mencuci gorden dengan mesin cuci, hindari menggunakan pengering untuk membantu mengeringkan kain gorden tersebut.

Mengapa? Sebab, mesin pengering bisa merusak kualitas kain gorden, bahkan kain yang tebal sekalipun. Untuk mengeringkan kain gorden, peras secara manual dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

Cuci secara rutin

Supaya tampilan dan kebersihan gorden selalu terjaga, Anda disarankan untuk mencuci kain gorden secara rutin, minimal 3 bulan sekali.

Namun, jika gorden Anda mudah terlihat kotor, tak ada salahnya untuk mencuci gorden lebih sering daripada yang disarankan. Jika membersihkan gorden sendiri dirasa berat, Anda bisa mencoba menyewa jasa kebersihan profesional.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan merawat gorden di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News