Santai

Rawan Bencana, Siapkan 6 Keperluan Penting Ini dalam Emergency Bag

Rawan Bencana, Siapkan 6 Keperluan Penting Ini dalam Emergency Bag

MOMSMONEY.ID - Dengan banyaknya bencana alam yang terjadi, mempersiapkan emergency bag atau tas siaga bencana penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa isi emergency bag atau tas siaga bencana yang bisa disiapkan.

Keperluan untuk menyiapkan barang-barang sebagai persiapan darurat tentunya perlu untuk dipersiapkan. Agar saat bencana alam terjadi, segala keperluan penting bisa langsung dibawa sebagai bekal bertahan hidup.

Walau kini sudah diperjual belikan, membuat sendiri tas emergency bencana alam juga bisa Anda lakukan. Lalu, apa saja kah yang perlu dipersiapkan dalam tas siaga bencana alam? Berikut adalah beberapa daftarnya:

Baca Juga: Hujan Berpotensi Turun Seharian, Cek Cuaca Hari Ini dari BMKG di Jakarta Sekitarnya

Perangkat obat-obatan

Obat-obatan menjadi hal yang tidak boleh dilupakan untuk disiapkan. Pastikan mengemas obat-obatan yang penting dan obat-obatan pribadi dalam satu wadah perlengkapan yang lengkap.

Air dan makanan

Air merupakan kebutuhan esensial yang perlu disiapkan dalam tas emergency bencana alam. Siapkan air dalam jumlah yang banyak setidaknya cukup untuk digunakan selama 7 hari. Hindari membawa makanan yang mudah busuk dan tidak bertahan lama.

Pengisi daya

Siapkan juga baterai maupun pengisi daya lain seperti power bank dalam tas emergency. Pastikan seluruh perlengkapan elektronik seperti ponsel, senter, dan lampu juga dalam kondisi daya penuh.

Baca Juga: Ingin Bersihkan Diri? Kunjungi 4 Tempat Melukat Populer di Bali Ini Saja

Senter dan peluit

Senter dan peluit juga merupakan peralatan penting yang perlu dikemas dalam tas emergency. Melansir dari laman Ready, kedua alat tersebut dapat digunakan untuk memberikan sinyal pertolongan kepada tim evakuasi.

Perlengkapan mandi

Situs British Columbia juga menyarankan untuk mempersiapkan keperluan mandi maupun perlengkapan lainnya dalam jumlah lebih. Jangan lupa juga untuk mengemas ekstra kontak lensa maupun kaca mata jika memiliki masalah gangguan penglihatan.

Baju

Perlengkapan lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah baju. Sebaiknya pilih baju yang memiliki daya tahan lama dan awet. Hindari menggunakan baju yang mudah robek dan penuh dengan aksesories untuk mempermudah gerak saat menyelamatkan diri.

Itulah beberapa daftar isi dari emergency bag atau tas siaga bencana yang bisa disiapkan untuk berjaga-jaga sebelum bencana alam terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News