Bugar

Rasakan Manfaatnya! 5 Makanan Ini Kaya Sumber Protein Nabati Tinggi untuk Tubuh

Rasakan Manfaatnya! 5 Makanan Ini Kaya Sumber Protein Nabati Tinggi untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Protein nabati merupakan jenis protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Protein nabati ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menjalani pola makan vegetarian atau tidak mengonsumsi protein hewani, seperti daging maupun ikan serta bagus untuk program diet.

Sumber protein nabati bisa diperoleh dengan mudah. Berikut dilansir dari Mayo Clinic adalah beberapa makanan dengan protein nabati tinggi yang baik untuk tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Tempe

Tempe adalah makanan dengan protein nabati tinggi pertama. Tempe terbuat dari kacang kedelai yang telah melalui proses fermentasi.

Tempe punya beragam manfaat, terlebih untuk Anda yang punya gangguan pencernaan. Selain itu, tempe juga kaya kandungan zat besi dan kalsium. 

Bayam

Makanan dengan protein nabati tinggi yang kedua adalah bayam. Kandungan protein dalam bayam sebenarnya tidak setinggi kandungan pada biji-bijian atau jenis kacang-kacangan.

Meski begitu, bayam memiliki kandungan nutrisinya hampir sama. Bahkan, ditambah dengan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung. 

Roti gandum

Makanan dengan protein nabati tinggi yang ketiga adalah roti gandum. Sumber protein nabati yang juga mudah diperoleh adalah roti gandum.

Tak hanya tinggi protein nabati, roti gandum yang kerap dikonsumsi saat sarapan ini juga dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh dan membuat rasa kenyang lebih kama.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Inilah 5 Makanan Tinggi Protein untuk Memperkuat Imunitas

Alpukat

Makanan dengan protein nabati tinggi yang selanjutnya adalah alpukat. Alpukat kaya akan lemak baik dan proteinnya yang cukup tinggi.

Setengah porsi buah alpukat berukuran sedang setidaknya mengandung lemak sebanyak 77 persen, karbohidrat sebesar 19 persen, dan protein sebanyak 4 persen atau sekitar 2 gram. 

Buah dan sayuran

Semua buah dan sayur mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Selain bayam dan alpukat masih banyak sayur dan buah yang memiliki kandungan protein tinggi. 

Beberapa jenis sayuran yang tergolong tinggi protein meliputi brokoli, asparagus, kentang, dan singkong. Sementara itu, buah yang mengandung protein tinggi adalah jambu bijidan pisang.

Itulah sederet makanan dengan protein nabati tinggi yang mudah didapat dan bisa diolah menjadi aneka makanan lezat.

Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jumlah asupan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News