Bugar

Rasakan 5 Manfaat Rutin Olahraga Ini Jika Dilakukan Secara Rutin

Rasakan 5 Manfaat Rutin Olahraga Ini Jika Dilakukan Secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Manfaat olahraga secara rutin bisa mencegahan berbagai penyakit kronis. Olahraga bisa membantu tubuh menyeimbangkan kembali berbagai fungsi organ.

Baik karena alasan kesehatan atau menurunkan berat badan, rutinitas aktivitas fisik dapat mengubah cara kerja berbagai organ tubuh.  

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Terdapat beberapa perubahan, baik pada kondisi fisik atau mental, setelah Anda rutin berolahraga.  

Baca Juga: Penyebab Umum Susah BAB yang Sering Terjadi pada Perempuan

Dilansir dari Healthline dan Sleep Education, berikut beberapa manfaat olahraga secara teratur untuk tubuh yang bisa Anda rasakan, antara lain:  

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Manfaat olahraga secara teratur untuk tubuh yang pertama adalah mencegah penyakit jantung dan stroke.  

Olahraga rutin dapat memperkuat otot jantung, melancarkan aliran darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).  

Menjaga berat badan tetap ideal

Manfaat olahraga secara teratur untuk tubuh yang kedua adalah menjaga berat badan tetap ideal dan juga mampu mengurangi jaringan lemak tubuh 

Agar manfaat olahraga bisa dirasakan secara maksimal, Anda juga perlu menjaga berat badan tetap ideal dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh.  

Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat olahraga secara teratur untuk tubuh yang ketiga adalah mengendalikan kadar gula darah.  

Olahraga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Rutin olahraga bisa mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.  

Baca Juga: Ingin Mencoba Diet DEBM? Ikuti Panduan Ini Agar Hasilnya Maksimal

Mencegah dan meringankan nyeri punggung

Manfaat olahraga secara teratur untuk tubuh yang keempat adalah mencegah dan meringankan nyeri panggung.  

Keluhan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari saraf terjepit, cedera, posisi tidur yang salah, hingga kebiasaan jarang bergerak.  

Dengan rutin berolahraga, otot-otot tubuh seperti otot punggung, perut, dan kaki, akan menjadi lebih kuat dan mampu menopang sendi dan tulang belakang dengan lebih baik.  

Menjaga tekanan darah tetap stabil

Manfaat olahraga secara teratur untuk tubuh yang kelima adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Berolahraga secara rutin bisa mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Sedangkan pada penderita hipertensi, olahraga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.  

Itulah beberapa manfaat olahraga secara teratur untuk tubuh yang bisa Anda lakukan dan jangan lupa diimabngi dengan melakukan pola hidup sehat dan konsumsi makanan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News